Hasan Basri Terpilih Menjadi Ketua SOina Kota Payakumbuh

Hasan Basri Terpilih Menjadi Ketua SOina Kota Payakumbuh
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh memfasilitasi rapat pembentukan pengurus Specials Olimpic Indonesia (SOina) yang bertempat di aula restoran Ngalau Indah, Kamis, (15/02/2018).

Pembentukan pengurus SOina ini di keluarkan berdasarkan Surat Dua Menteri, Kementrian Dalam Negeri dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Kota serta Surat Gubernur Sumatera Barat, yang mana Pemerintah benar-benar punya perhatian  yang sungguh-sungguh. 

Rapat pembentukan pengurus ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Doni Saputra, Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Dt. Tavril, perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan Dinas Sosial dan OPD terkait lainnya serta kepala SLB se Kota Payakumbuh. 

Hasil dari rapat ini menghasilkan terpilihnya Hasan Basri sebagai ketua SOina Periode 2018-2023. dan selanjutnya Ketua terpilih akan langsung melengkapi susunan pengurus secepatnya. 

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Doni Saputra mengatakan SOina adalah organisasi yang mewadahi olahraga penyandang keterbatasan tuna grahita, 

"Berangkat dari Gerakan Penyandang Disabilitas Intelektual yang bertujuan agar mereka memperoleh pengakuan, kesempatan dan kesetaraan di masyarakat, "terang Doni Saputra. 

Doni juga mengatakan, pengurus SOina ini baru pertama kali dibentuk di Kota Payakumbuh, tentu diharapkan pengurus baru segera berkoordinasi dengan pengurus Provinsi untuk membuat program tahunan, mempelajari ad/art, melengkapi data atlit, pelatih, ofisial serta fasilitas penunjang lainnya, "harap Doni Saputra. 

Doni Saputra juga berharap nantinya SOina dapat mengikuti pelatihan-pelatihan dan kompetisi olahraga tuna rungu, dan seluruh kegiatan yang dilakukan bagi penyandang disabilitas, "harap Doni Saputra. 

Ketua SOina terpilih Hasan Basri mengatakan, untuk atlit potensi SOina di Payakumbuh kita telah miliki atlit dicabang catur dan lari," Agenda terdekat SOina Kota Payakumbuh adalah mengikuti Pornas SOina ke VIII di Pekanbaru pada bulan Juli 2018 mendatang, "kata Ketua SOina Hasan. 

Hasan Basri juga menambahkan, Salah seorang atlit SOina Kota Payakumbuh di cabang catur putri Khairunnisa lolos untuk mengikuti Special Olympics World Summer Games 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yang sebelumnya telah keluar menjadi no 2 terbaik Nasional, "untuk itu kami mohon dukungan dari Pemko Payakumbuh dan kita semua demi kelancaran dan kesuksesan SOina Kedepan, "pungkas Hasan Basri.ul