Rakor FKP SPKD, Wawako Erwin Yunaz : Penaggulangan Kemiskinan adalah Tanggungjawab Bersama

IMPIANNEWS.COM  (Payakumbuh).

Bertempat di aula lantai 2 gedung kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di jln. Rasuna Said kota Payakumbuh telah dilangsungkannya kegiatan sosialisasi Forum Konsultasi Publik Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (FKP SPKD) tahun 2017-2022 pada Kamis (30/11) pagi.

Tujuan dan manfaat dari pelaksaan kegiatan FKP SPKD ini yakni mendapatkan masukan untuk penyempurnaan dokumen SPKD tahun 2017-2022 dari berbagai stakeholder yg ada di kota Payakumbuh serta terbentuknya komitmen sinergitas lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan dalam mendukung pelaksanaan strategi penanggulangan kemiskinan di daerah. Untuk pembiayaan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini sendiri dibebankan kepada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Bappeda pada program kegiatan Penyusunan Dokumen SPKD kota Payakumbuh tahun 2017.

'Pada tahun 2012 di awal periode pemerintahan yg lalu, tingkat kemiskinan di kota Payakumbuh berada pada angka 9% dan ini menjadi permasalahan kota yg memerlukan penanganan dan pendekatan yg sistematik, terpadu dan menyeluruh dari semua pihak, maka dari itu hal ini sangat memerlukan penyusunan langkah-langkah yg strategis dan komprehensif", ungkap Wawako Erwin Yunaz.

Dan wawako juga menambahkan bahwa dari bentang waktu tahun 2012-2016 tingkat kemiskinan di kota Payakumbuh yg dari awal nya 9% di tahun 2012 dan pada tahun 2016 kemaren telah turun menjadi 6,46% dan telah terjadi penurunan angka kemiskinan sebanyak 2,55%, untuk hal ini penurunannya cukup signifikan dan patut kita syukuri bersama, tambah Erwin.

Serta Erwin Yunaz pada sambutan juga menyampaikan kalau kota Payakumbuh menjadi salah satu dari 50 kab/kita di Indonesia yg melaksanakan program Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT),

'dari 50 kab/kota di Indonesia, kota Payakumbuh menjadi salah satu yg melaksanakan program Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), program ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan untuk menghubungkan dg program dan layanan yg dikelola oleh pemerintah pusat, provinsi dan kab/kota sesuai dg kebutuhan mereka, sehingga dg target pemerintah kota pada 5 tahun kedepan untuk terus berusaha menurunkan tingkat kemiskinan hingga pada angka 5% dapat tercapai hendaknya", pungkas Wawako.

Pada kegiatan sosialisasi FKP SPKD kota Payakumbuh tahun 2017-2022 ini turut di undang dari semua unsur, yakni LPM, LKKAM, LSM, BPJS, BUMD, BUMN, Perbankan, Perguruan Tinggi, Forum Kota Sehat, Forum Lansia, Kepala SOPD se-kota, Camat se-kota, serta undangan dan tamu lainnya yg ikut antusias mengahadiri kegiatan sosialisasi ini.(rel/ul)