Riza Falepi Buka Dengan Resmi Sosialisasi Saber Pungli

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada seluruh anggota unit satuan tugas sapu bersih pungutan liar (satgas saber pungli) dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) tentang saber pungli, pemerintah melalui Inspektorat kota Payakumbuh menggelar acara sosialisasi pencegahan dan penghapusan pungutan liar di Aula lantai III Balaikota Bukik Sibaluik, Senin (28/8).

Kegiatan yang bertema ” Mari Bersama Kita Sapu Bersih Pungli” ini dibuka secara resmi oleh Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi.

Walikota memberikan apresiasi kepada Inspektorat yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Terimakasih kepada inspektur kota Payakumbuh beserta jajaran, yang telah mengupayakan terlaksananya kegiatan sosialisasi saber pungli ini. Kegiatan sosialisasi ini adalah tindak lanjut dari telah dilantiknya unit satgas saber pungli kota Payakumbuh, ” ujar Riza.

Komitmen yang kuat dari aparatur sipil Negara (ASN) menjadi ujung tombak dalam pemerintahan yang bebas pungli.

“Pada prinsipnya komitmen yang kuat dari ASN perlu dimulai dengan perubahan pola pikir dan perilaku, karena seberapa bagus pun regulasi yang ada tanpa didukung oleh pola pikir dan perilaku ASN yang baik tidak akan memberikan perubahan yang berarti dalam pemberantasan pungli. “, kata Walikota.

Walikota dalam kesempatan tersebut juga menghimbau agar seluruh peserta dapat mengikuti acara sosialisasi tersebut dengan sungguh-sungguh.

“Kepada peserta sosialisasi saya berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik. Sehingga dapat dilaksanakan di lingkungan OPD masing-masing dan apa yang kita cita-citakan bersama, yaitu kota Payakumbuh yang bebas dari pungutan liar dapat tercapai, ” harap Riza.

Sementara itu, Inspektur kota Payakumbuh, H. Syahrial mengaku bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar peserta mengetahui bahwa pungli telah merusak sendi-sendi kehidupan.

“Pungutan liar telah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu perlu pemberantasan secara tegas, terpadu, efisien dan efektif serta mampu menciptakan efek jera kepada para pelaku dan menjadikan Payakumbuh sebagai good governance yang bebas dari pungutan liar”, ujar Syahrial.

Kegiatan sosialisasi saber pungli ini diikuti oleh kepala OPD, Camat dan anggota satgas saber pungli kota Payakumbuh. Sedangkan sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut terdiri dari Wakapolres, Eddirsa, Kapten Kusmianto selaku Pasi Intel Kodim 0306 Lima Puluh Kota, plh. Kejaksaan Negeri, Andre Abraham dan Inspektur kota Payakumbuh, Syahrial.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah, Amriul Dt. Karayiang, wakapolres, pasi intel kodim 0306 Lima Luluh Kota, Plh. kepala Kejaksaan Negeri, pimpinan OPD, camat, hadirin dan undangan lainnya.(tf/ul).

Post a Comment

0 Comments