Kegiatan Publikasi Dana Desa Tidak Jelas, Siapa Yang Salah?

IMPIANNEWS.COM

Ogan Ilir - Dana publikasi media di Desa Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan, menjadi pertanyaan kemana arah nya.

Banyaknya laporan yang masuk terkait dana publikasi menjadi pro dan kontrak, dana publikasi di Kabupaten Ogan Ilir yang sudah dianggarkan dari tahun sebelumnya  sampai ke tahun 2024 ini untuk dana publikasi media cetak  dan online,  satu juta pertahun di kali  227 desa  menjadi sorotan publik kemana angaran tersebut.

Menurut pandangan salah satu Jurnalis media cetak dan online yang pernah studi banding ke negara, Jepang mewakili Indonesia di tahun 2023  M.Abbas Umar saat di minta keterangan terkait, pihak berwenang  wajib usut tuntas kemana arah dana tersebut di tambah kan nya kurang nya pemahaman dan pengertian oknum kepala desa dalam mengelola dana Desa ini yang menjadi masalah paling utama bisa di cek  banyaknya laporan masyarakat terkait dana Desa yang bermasalah di kerjakan asal jadi, tidak transparan seperti tidak dipasang nya spanduk dengan alasan di simpan di tempat tertutup takut di maling orang katanya.

Ini sudah jelas bahwa 

angaran dana desa tersebut  sudah bermasalah, terangnya.

Undangan undangan Desa mewajibkan pemerintah desa untuk mempublikasikan APBDes Dana Desa. Publikasi ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

Publikasi kegiatan Dana Desa merupakan dokumen penting yang memuat perencanaan keuangan desa. Dengan transparansi APBDes menjadi lebih akuntabel dan dapat diakses seluruh masyarakat desa.

Publikasi APBDes Dana Desa wajib dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Dengan menerapkan cara-cara tersebut, publikasi APBDes Dana Desa dapat dilakukan secara efektif.

Transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa akan terwujud, sehingga warga desa dapat mengetahui dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa.

Aneh tapi nyata inilah fakta  yang terjadi di lapangan ada laporan pembayaran tidak ada bukti fisik. 

Sepengetahuan saya jika ada pembayaran pasti ada bukti fisik yang memenuhi syarat baik  Media cetak & online minimal bukti fisik dan kwalitasi tutup, Abbas. (Tim PPWI)

Post a Comment

0 Comments