Tim Pengembangan Produk UMKM KKN PPM Unand Painan Timur 2023 Melakukan Branding Produk terhadap 3 (Tiga) UMKM Milik Warga melalui Re-Design Logo Kemasan dan Pembuatan Akun Tiktok Shop

Oleh: Ariva Vania, 
(Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Mahasiswa KKN PPM Unand Painan Timur 2023 telah selesai melaksanakan tugasnya selama 42 hari, terhitung sejak hari Selasa, 11 Juli 2023 sampai dengan Senin, 21 Agustus 2023. Sekelompok mahasiswa KKN yang berjumlah 24 orang ini dengan haru mengucapkan terima kasih yang amat mendalam kepada warga Painan Timur Painan yang telah menyambut kedatangan mereka semua dengan hangat dan baik. Tidak lupa, mahasiswa KKN tersebut mengucapkan ribuan terima kasih kepada perangkat wali nagari yang telah menjaga dan menjadi pendamping dalam segala bentuk aktivitas mereka selama 42 hari tinggal di nagari orang.

Kepulangan mahasiswa KKN Unand Painan Timur ini tentunya meninggalkan sejumlah kenangan baik yang diingat oleh warga. Terdapat kurang lebih 20 program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN tersebut, salah satunya adalah program kerja branding UMKM. Program kerja branding UMKM merupakan salah satu kegiatan yang telah dirancang sedemikian rupa oleh sub-kelompok atau tim mahasiswa KKN Unand Painan Timur yang beranggotakan 8 orang. Tim ini dibentuk dengan tujuan untuk memenuhi program kerja pengembangan produk UMKM yang diminta oleh universitas. Adapun, terbentuknya tim ini juga tidak lepas untuk membantu usaha milik warga agar lebih dikenal masyarakat luas melalui re-design logo kemasan dan pembuatan akun tiktok shop.

Tim Pengembangan Produk UMKM ini menargetkan program kerjanya terlaksana pada 3 (Tiga) UMKM milik warga Painan Timur, yaitu UMKM Pisang Salai Yena, UMKM Usaha Arai Pinang dan Kue Bawang Fandy, dan UMKM Kue Kering Jier. Program kerja ini dilaksanakan dengan melakukan pembuatan ulang desain (re-design) logo kemasan ketiga UMKM. Hal ini bertujuan agar logo yang dibuat dapat memberikan kesan yang baik dan lebih menonjol kepada calon konsumen. Proses pembuatan desain logo kemasan ini tentunya mengikutsertakan saran-saran dari pemilik UMKM. Tidak hanya sampai pada pembuatan logo, tim UMKM juga mencetak desain logo yang telah dibuat dan memberikannya kepada pemilik UMKM. Selain itu, juga dilakukan pembuatan akun Tiktok Shop yang berguna untuk memudahkan para pemilik dalam mempromosikan produk-produk yang dihasilkannya mengingat akun sosial media yang berkembang saat ini adalah aplikasi tersebut. 

Adapun, selama proses pembuatan desain logo kemasan, tim UMKM juga ikut serta membantu UMKM tersebut dalam proses produksi maupun proses pengemasan. Setelah pembuatan desain logo kemasan selesai, maka tim segera melakukan penyerahan desain tersebut. Penyerahan desain logo kemasan dilaksankan secara bertahap sesuai dengan janji temu bersama pemilik UMKM. Pada tanggal 1 Agustus 2023 telah dilakukan penyerahan logo kemasan kepada UMKM Usaha Arai Pinang dan Kue Bawang Fandy, selanjutnya pada tanggal 2 Agustus 2023 kepada UMKM Pisang Salai Yena, dan terakhir pada tanggal 8 Agustus 2023 kepada UMKM Kue Kering Jier. 

Penulis

Nama: Ariva Vania

NIM: 2010932041

Program Studi: Teknik Industri Universitas Andalas

Post a Comment

0 Comments