Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang Susun Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.


IMPIANNEWS.COM

Padang -- Dalam upaya membangun kualitas dan peningkatan kuantitas penelitian serta pengabdian kepada masyarakat di kalangan Dosen FPK Universitas Negeri Padang, menjadi sangat penting dan strategis untuk dimilikinya sebuah roadmap yang jelas. Roadmap tersebut merupakan sebuah dokumen rencana kerja rinci yang mengintegrasikan seluruh rencana pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rentang waktu tertentu. Roadmap ini disamping menjawab kebutuhan dosen, juga menjadi landasan sekaligus framework dalam pengembangan kapasitas dan kompetensi keilmuannya dalam karir akademik sampai mencapai jabatan akademik tertinggi Guru Besar atau Profesor nantinya. Demikian ungkapan Dr. Suryanef, M.Si. selaku Dekan FPK dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Dosen FPK pada hari Rabu tanggal 9 Agustus 2023, yang berlangsung di Ruang Sidang FPK UNP. Workshop diikuti oleh segenap dosen dari Departemen Psikologi dan Keperawatan.

Lebih lanjut Suryanef mengajak semua dosen untuk senantiasa terlibat dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Apalagi jika penelitian yang dilakukan berimplikasi pada publikasi yang dimuat pada jurnal bereputasi nasional dan internasional. Tentunya hal ini akan memberi dampak pada reputasi akademik, luaran riset, bahkan juga Indeks Research Network manakala penelitiannya dilaksanakan secara kolaboratif dengan peneliti lain dari berbagai perguruan tinggi lainnya, dalam dan luar negeri.

Adapun narasumber workshop adalah Krismadinata, S.T., M.T., Ph.D. yang merupakan Kepala Pusat Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengembang kepada Masyarakat (LPPM) UNP sekaligus Dekan Fakultas Teknik UNP yang baru dilantik tanggal 28 Juli 2023 yang lalu. Beliau termasuk sosok yang memiliki sejumlah publikasi dalam jurnal bereputasi terindeks Scopus. Dalam paparan materinya, Krismadinata menyampaikan jenjang karir tertinggi bagi seorang dosen adalah Guru Besar atau Profesor. Untuk dapat meraihnya, salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi adalah  dimilikinya publikasi pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus. Untuk keperluan tersebit menjadi sangat penting sekali bagi para dosen untuk dapat menyiapkan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat-nya. Capaian jabatan akademik tertinggi tersebut akan memberikan daya dukung bagi Universitas Negeri Padang menuju World Class University. (FPK/Humas UNP)


Post a Comment

0 Comments