4 Alasan Australia Menjadi Salah Satu Negara Tujuan Pendidikan Terbaik di Dunia

Photo Mahasiswa Universitas Merboune Saling Berinteraksi/Getty Images

Oleh: Fitri Ardila 
(Mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya)

IMPIANNEWS.COM

Pada tahun 2020, Australia berhasil menjadi salah satu negara dengan tingkat kualitas pendidikan yang lebih baik dibandingkan beberapa negara lainnya didunia. Hal ini menarik mahasiswa International untuk memilih Australia sebagai negara tujuan pendidikan, salah satunya Mahasiswa Indonesia. Tahun 2022 tercatat ada sekitar 11.000 mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di Australia.

Lalu, apa alasan Australia menjadi salah satu negara tujuan pendidikan terbaik di Dunia? Berikut 4 alasannya;

Negara yang memiliki tingkat kualitas pendidikan yang baik di dunia pasti akan menjadi negara yang banyak dituju oleh mahasiswa Internasional untuk melanjutkan pendidikannya, dan Australia berhasil menjadi salah satu negara tersebut. 

Fakta tersebut diperkuat berdasarkan hasil survei yang dilakukan Ceoworld (2020) terkait dengan negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia, dan berdasarkan hasil survei tersebut, Australia berhasil menduduki posisi ketiga setelah Inggris, dan Amerika. Bukan tanpa sebab Australia berhasil menduduki posisi tersebut

1. Pendidikan di Australia memiliki jaminan kualitas yang telah diakui secara global.

Di Australia kualitas para pengajar sangat diperhatikan. Setiap calon para pengajar disaring secara ketat dan hanya menyisakan para pengajar yang memang ahli dan memiliki kualitas terbaik dibidangnya. Karena itulah, para siswa dan mahasiswa sudah terjamin kemampuannya jika dilihat dari aspek para pengajar mereka yang juga telah terjamin kualitas mengajarnya. 

Selain itu, Australia juga telah diakui memiliki banyak universitas yang berkualitas tinggi. Terdapat sekitar 43 universitas di Australia yang telah terjamin kualitasnya, melahirkan banyak orang-orang hebat yang pastinya berdampak besar bagi dunia. Universitas-universitas tersebut tersebar di berbagai wilayah di Australia, dan berdasarkan QS University Rangkings (2022) 7 diantara-Nya berhasil masuk ke dalam daftar 100 besar sebagai universitas terbaik di dunia. 

2. Pendidikan di Australia memiliki kurikulum yang Inovatif

Pendidikan di Australia menerapkan kurikulum yang berfokus pada keseimbangan antara teori dan praktek. Kurikulum ini di susun dengan tujuan agar mendidik mahasiswa menjadi seorang yang mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan baik itu secara teoretis ataupun mengimplementasikannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itulah, dari kurikulum inovatif ini, peserta didik di Australia akan terlatih untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif dan mampu menghadapi tantangan di dalam dunia kerja.

3. Pendidikan Di Australia telah diakui dunia unggul di bidang riset dan pengembangan.

Australia telah diakui dunia sebagai salah satu negara yang berkontribusi penting dalam sains, teknologi dan kesehatan, melahirkan banyak tokoh ilmuwan yang berpengaruh terhadap perkembangan sains dunia berhasil menemukan berbagai penemuan yang memberikan manfaat bagi jutaan orang di dunia, diantara-Nya penemuan wifi, penisilin pada tahun 1945, dan juga penemuan kotak hitam pada pesawat udara. 

Selain itu Australia juga unggul dibidang kesehatan, kesenian, ilmu sosial, ekonomi, serta humaniora. Dari keunggulan tersebut, Australia juga menjadi salah satu negara yang berhasil menerima banyak penghargaan Nobel, dilansir dari data.tempo.co, Faisal Javier (2022) dalam artikelnya menuliskan daftar negara penerima penghargaan Nobel terbanyak, salah satunya adalah Australia. Jadi, dapat dikatakan bahwa Australia merupakan negara yang tepat untuk orang-orang yang ingin menjadi ilmuwan serta periset yang unggul dibidangnya.

4. Pendidikan di Australia memiliki peringkat yang baik dalam hal kepuasan siswanya, kemampuan kerja, kualitas hidup dan juga humanity siswanya.

Dari kualitas para pengejar yang terjamin, serta kurikulum yang di desain untuk membuat para mahasiswa terlatih kreatif dan inovatif inilah tentunya juga akan berpengaruh pada kepuasan mahasiswanya dalam menerima ilmu yang diberikan oleh para pengajar dan akan berpengaruh pula pada kemampuan kerja para siswa tersebut nantinya saat masuk dunia kerja. 

Bukan hanya itu saja, alasan lainnya, Australia memiliki kualitas hidup yang baik. Dilansir dari Hotcourses Indonesia, Eky Ilmastuti (2023) dalam artikelnya menuliskan bahwa, Australia juga menjadi salah satu negara yang aman dan nyaman sebagai tempat tinggal untuk para mahasiswa international yang memilih Australia untuk melanjutkan studinya. 

Itulah 4 alasan, kenapa Australia berhasil masuk ke dalam daftar negara dengan kualitas pendidikan terbaik. Dari beberapa alasan tersebut, Australia cocok dijadikan negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini sejalan dengan pendapat Zalikha Marsya (2023) dalam wawancara yang saya lakukan, mengatakan bahwa “Saya sangat tertarik untuk melanjutkan studi ke Monash University di Australia karena universitas tersebut terkenal akan kualitasnya yang bagus.” 

lalu pendapat narasumber lainnya yaitu Salsabilla Aurelia (2023), mengatakan bahwa “Menurutku, jika ingin melakukan study abroad, Australia bisa dipilih sebagai opsi, sebab selain kualitasnya yang baik, tingkat keamanan dan kenyamanannya juga terjamin, jadi kita tidak perlu khawatir jika melanjutkan studi di Australia.”

Post a Comment

0 Comments