Universitas Negeri Padang gelar konferensi pers terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023.

IMPIANNEWS.COM

Padang,  – Universitas Negeri Padang gelar konferensi pers terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Padang (UNP). Sabtu 25 Februari 2023 di ruang senat UNP.

Wakil rektor 1 Refnaldi menyampaikan 3 tahapan dalam penerimaan mahasiswa baru, tahap pertama berbasis prestasi, kemudian tahapan kedua berbasis tes dan yang ketiga, yakni melalui jalur mandiri. Dengan quote mengikuti ketentuan dari Menteri Pendidikan secara nasional yakitu jalur prestasi sekita 20%, jalur Tes 40%  dan jalur Mandiri 30%," jelasnya

Sebanyak 10. 250 siswa berkesempatan untuk masuk ke UNP Padang, dan jumlah 10. 250 tersebut diluar siswa kedokteran, ada 2 prodi baru yang belum ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 ini yaitu Prodi Kedokteran dan Keperawatan, karena masih dalam proses pengembangan." papar Renaldi saat konferensi pers, didampingi Kepala Humas Oki Trinanda, Kepala Biro Dian Rahmawati, MM, dan sekretaris.

Rinaldi juga menjelaskan, untuk jadwal penerimaan seleksi mahasiswa jalur SNBP atau jalur rapor saat ini sudah berjalan sampai tanggal 28 Februari, dan hasil seleksinya akan diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023  pukul 15:00 wib. nantinya bagi siswa yang lulus jalur ini  UKT nya ditentukan berdasarkan pekerjaan atau perekonomian orang tua.

Kepala Humas UNP, Oki Trinanda juga mengatakan, bahwa semua prodi di UNP sudah banyak terakreditasi Internasional yaitu akreditasi A.

" Akreditasi Internasional itu berasal dari Jerman yakni ASIIN lalu dari Asean University Network, UN-QA dan AQAS. Lalu ada 28 Prodi yang termasuk kelas internasional, dimana dalam prodi ini diwajibkan berbahasa inggris dalam proses perkuliahannya. Mahasiswa nya juga berasal dari berbagai negara seperti dari negara Kamboja, Malaysia dan negara- negara Asia.” Ucapnya

Jadi semua mahasiswa dapat peluang dan diprioritaskan ikut program International Students Mobility Award (ISMA) yang mana tahun ini ada yang berangkat ke negara Cheko, Malaysia, Amerika dan Selandia Baru,"Pungkas  Oki Trinanda

Sementara itu kettua penerimaan mahasiswa baru Dr. Refnaldi  menambahkan, prodi yang paling banyak peminatnya di UNP adalah PGSD, ada sekitar 1000 peminat untuk prodi PGSD ini dan Prodi Manajemen juga, dua prodi tersebut sangat tinggi peminatnya sehingga tingkat persaingan nya juga tinggi," ujarnya( Ayu )

Post a Comment

0 Comments