Mulai Tanggal 23 Hingga 30 Oktober 2022, Puluhan Anggota DPRD Sumbar Serap Aspirasi Masyarakat Delapan Dapil.

IMPIANNEWS.COM

Sumbar -- Dari 23 hingga 30 Oktober mendatang, seluruh anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) terjun ke daerah pemilihan (Dapil) masing-masing untuk melaksanakan agenda reses masa sidang pertama tahun 2022-2023. Dalam agenda ini, masing-masing dewan akan menyerap aspirasi masyarakat untuk dijadikan pedoman dalam mengambil arah kebijakan daerah.

Terkait ini, Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan kunjungan dapil dalam mengisi reses tersebut mengharapkan anggota DPRD dapat menjaring aspirasi yang benar-benar urgen bagi kepentingan masyarakat luas.

Menurutnya, sebagai perwakilan masyarakat di pemerintahan, anggota DPRD harus memiliki keberpihakan terhadap masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Kami berharap, anggota DPRD benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menampung aspirasi dari konstituennya. Menjaring aspirasi sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat, sehingga terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik lagi,” harapnya.Menampung aspirasi masyarakat, ujarnya, merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab anggota legislatif, selain tiga tugas pokok dan fungsi (tupoksi), penganggaran, legislasi dan pengawasan. Semua itu saling berkaitan karena untuk memasukkan pokok-pokok pikiran DPRD ke dalam rencana pembangunan harus melewati proses penganggaran.

Sementara itu Sekretaris DPRD Sumbar Raflis mengatakan, reses dijadwalkan tiga kali dalam setahun dan dipergunakan untuk mengunjungi konstituen di daerah pemilihan. Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Sumbar telah menjadwalkan kegiatan tersebut berdasarkan keputusan 7 Oktober 2022 lalu.

Reses masa sidang pertama ini, lanjutnya, dilaksanakan secara perorangan oleh masing-masing pimpinan dan anggota DPRD Sumbar. 65 orang anggota DPRD akan turun ke delapan dapil untuk mengunjungi konstituennya masing-masing sekaligus menjemput aspirasi masyarakat.

“Dengan turun ke tengah masyarakat, anggota DPRD bisa mengetahui kondisi masyarakat secara langsung serta dapat menampung aspirasi dari konstituen untuk diperjuangkan dalam program pembangunan daerah,” terangnya.

Sepuluh orang anggota DPRD Sumbar dari dapil I yang akan turun mengunjungi masyarakat di Kota Padang yaitu Desrio Putra (Gerindra), Hidayat (Gerindra), Evi Yandri Rajo Budiman (Gerindra), Albert Hendra Lukman (PDI Perjuangan), Afrizal (Golkar), Gustami Hidayat (PKS), Rahmat Saleh (PKS), Indra dt Rajo Lelo (PAN), Maigus Nasir (PAN), dan Suwirpen Suib (Demokrat).

Kemudian, untuk dapil II yang meliputi Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman, akan turun tujuh orang anggota dewan secara serentak yaitu, Firdaus (PKB), Tri Suryadi (Gerindra), Jempol (Gerindra), Siti Izzati (Golkar), M. Ridwan (PKS), M. Ikhbal (PAN), dan M. Nurnas (Demokrat).

Selanjutnya, sembilan orang anggota dewan provinsi dari dapil III juga akan turun ke daerahnya masing-masing di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam yaitu Ismunandi Sofyan (Gerindra), Lazuardi Erman (Golkar), Asra Faber (PKS), Rafdinal (PKS), Syafril Huda (PPP), Artati (PAN), Ismet Amzis (Demokrat), Nofrizon (Demokrat).( ** )

Posting Komentar

0 Komentar