FPK-UNP Menggelar Capping Day dan Janji Mahasiswa.

IMPIANNEWS.COM

Padang-- Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) hari ini Kamis (6 Oktober 2022) menggelar Capping Day dan Janji Mahasiswa Program D-3 Prodi Keperawatan. Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya setelah Prodi Keperawatan yang semula bernama Akademi Keperawatan (AKPER) di bawah kelolaan Pemerintah Kabupaten Pariaman berintegrasi ke dalam Universitas Negeri Padang.

Capping Day merupakan salah satu kegiatan khas Prodi Keperawatan yang diikuti mahasiswanya untuk persiapan menghadapi dunia nyata pasar kerja. Mereka akan melaksanakan praktek di berbagai rumah sakit dalam wilayah Sumatera Barat nantinya. Sehubungan dengan itu, Dr. Suryanef, M.Si. selaku Dekan FPK dalam sambutannya menyampaikan agar para mahasiswa yang akan menjalani praktek bersungguh-sungguh menjalaninya guna membangun hard dan soft skill sebagai calon perawat yang profesional. Pasar kerja tenaga kesehatan masih terbuka lebar, karena untuk wilayah Sumbar secara faktual masih kurang. Tentunya para mahasiswa harus membangun kompetensi yang mumpuni untuk menghadapi pasar kerja yang sangat kompetitif. Dekan juga menghimbau agar semua menghayati makna dari Capping Day dan Janji  Mahasiswa yang diucapkan sehingga menjadi sosok calon perawat yang mengedepankan sisi kemanusiaan serta penuh kasih saaing sebagai wujud komitmen dalam melayani pasien. Di akhir sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa capaian kelulusan Ujian Kompetensi (UKOM) Prodi D-3 Keperawatan ini mencapai 99,8%. Saat ini juga sedang berlangsung UKOM bagi mahasiswa yang akan diwisuda periode Desember 2023 mendatang.

Di sisi lain Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan bahwa seiring dengan progresifitas UNP dalam membangun reputasinya, maka Prodi Keperawatan harus berupaya terus meningkatkan kualitas pelayanan akademik serta aspek tridarma lainnya. Sebagai wujud komitmen UNP dalam membangun dan mengembangkan prodi ini, maka UNP dalam waktu dekat akan membangun asrama mahasiswa di lingkungan kampus Prodi Keperawatan, Pariaman. Hal ini sekaligus sebagai wadah bagi pembentukan karakter mahasiswa dan berbagai soft skill lainnya. Rektor juga menyampaikan, insyaaAllah pada Semester Juli-Desember 2023 nanti UNP juga akan menerima mahasiswa S1-Ners melalui berbagai jalur penerimaan mahasiswa, baik SNMPTN, UTBK, serta Mandiri. Demikian juga untuk Prodi Kedokteran yang telah mendapatkan dukungan langsung dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Selanjutnya Rektor juga memberikan pesan agar Prodi D-3 Keperawatan dapat meningkatkan status akreditasinya menjadi A.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bidang Organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Wilayah Sumbar, Katherina Welong, SKM., Mars. Beliau mengapresiasi capaian kelulusan UKOM mahasiswa Prodi D-3 Keperawatan serta perkembangannya yang pesat di bawah kelolaan UNP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Sumbar memasang target agar setiap nagari memiliki satu perawat. Sehubungan dengan itu, lanjut beliau jumlah perawat yang ada di Sumbar masih sangat kurang dari jumlah ideal 23.000 yang dibutuhkan. Peluang pasar ini menurutnya, harus menjadi momentum yang dapat dimanfaatkan oleh Departemen Keperawatan FPK UNP.

Capping Day dan Janji Mahasiswa Keperawatan yang ketiga ini dan diikuti oleh 119 orang Calon Perawat, juga dihadiri oleh para Wakil Dekan, Pimpinan Departemen, serta para dosen dalam lingkungan FPK serta orang tua dan keluarga mahasiswa. (Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar