Wakapolresta Barelang Hadiri Sosialisasi Antisipasi Pungli Pada Proses Penerimaan Peserta Didik Baru TA. 2022/2023 di Kota Batam

IMPIANNEWS.COM

Polresta Barelang - Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, SIK Hadiri Sosialisasi Antisipasi Pungli Pada Proses Penerimaan Peserta Didik Baru SD, SMP, SMA, SMK Tahun Ajaran 2022/2023 di Kota Batam bertempat di Lt 9 Ruang Olympus Hotel Pasific Palace Kota Batam. Kamis (09/06/2022)

Kegiatan yang di selenggarakan oleh UPP Prov. Kepri di hadiri juga oleh Irwasda Polda Kepri/ Ketua Pelaksana UPP Prov. Kepri KBP M. Rudy Syafrudin, SIK, SH, Sekretaris 2 UPP Prov. Kepri KBP Dudus Harley Davidson, SIK, Kepala Inspektorat Daerah Prov. Kepri yang diwakili Nursal, SE, Assisten Pengawasan Kejati Prov. Kepri yang diwakili Pemeriksa Tindak Pidana Umum Baginda, SH, Kadisdik Prov. Kepri Dr. Andi Agung, SE, MM, Walikota Batam yang diwakili Assisten II Ekbang Pebrialin, SE, M.Si, Ketua UPP Kota Batam/Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, SIK, Kajari Batam yang diwakili oleh Kasi Intelijen Riki Saputra, SH, MH, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Prov. Kepri Lagat P Siadari, Kadisdik Kota Batam Hendri Arulan, S.Pd, Kepala Sekolah/Komite SD/SMP/SMA/SMK Se Kota Batam. 

Irwasda Polda Kepri atau sebagai Ketua Pelaksana UPP Prov. Kepri KBP M. Rudy Syafrudin, SIK, SH mengatakan Kegiatan sosialisasi dilakukan dalam rangka Implementasi dari Instruksi Mendagri tentang pengawasan pungli dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang fokus pada cegah dan berantas pungli pada bidang perizinan, hibah/bansos, kepegawaian, pendidikan, dana desa, pelayanan publik, pengadaan barang dan jasa serta kegiatan lainnya yang mempunyai resiko penyimpangan. 

Untuk kedepan bulan Juni atau Juli terdapat agenda penerimaan murid SD,SMP,SMA/SMK sederajat, agar sekolah dapat melakukan proses penerimaan PPDB tahun 2022 dengan ketentuan yang berlaku dan tidak ada penyimpangan, Saber pungli Prov. Kepri dan Kabupaten/Kota Se Prov. Kepri akan melakukan pengawasan dalam penerimaan siswa SD/SMP/SMA/SMK. Saber pungli dalam tupoksinya mengedepankan kan kegiatan pencegahan, namun bila tidak diindahkan dan ditemukan penyimpangan akan dilakukan tindakan tegas dalam penegakkan hukum. Ungkap Irwasda Polda Kepri dan sebagai Ketua Pelaksana UPP Prov. Kepri KBP M. Rudy Syafrudin, SIK, SH

Walikota Batam yang diwakili Assisten II Ekbang Pebrialin, SE, M.Si  membuka kegiatan Sosialisasi Walikota Batam yang diwakili Assisten II Ekbang Pebrialin, SE, M.Si mengatakan Pemko Batam mendukung terhadap program pemerintah pusat dalam pengawasan pungli pada pelayanan publik di pemerintahan, dalam upaya nyata saat ini Pemko Batam dalam melakukan transaksi honor tidak secara tunai dan terhadap pengadaan ATK serta perjalanan dinas di pusatkan pada sekretariat daerah kota Batam. 

Adanya tindakannya penyelewengan berupa pungli oleh oknum terhadap pada pelayanan publik tentunya akan berdampak negative. Terhadap penerimaan siswa SD,SMP,SMA/SMK TA 2022, berharap sekolah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada orang tua/wali murid yang akan melakukan pendaftaran dan hindari tindakan-tindakan yang borpotensi terjadinya pelanggaran hukum. 

Kemudian kegiatan di lanjutkan dengan Penyampaian Materi, Diskusi dan Tanya Jawab yang dimoderator oleh Irbansus Inspektorat Kota Batam Muhammad Samad. 

Sumber:  Humas Polresta Barelang

Post a Comment

0 Comments