UIN Imam Bonjol Padang gelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2022 melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring.

IMPIANNEWS.COM

Padang --- UIN Imam Bonjol Padang gelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2022 melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring pada Selasa hingga Rabu (14-15/6/2022). Ada sebanyak 1.686 peserta ujian calon mahasiswa baru yang terdaftar memilih ujian di panitia lokal UIN Imam Bonjol Padang.

Ketua Panitia lokal (Panlok) UM-PTKIN UIN Imam Bonjol, Dr. Yasrul Huda, MA., mengatakan bahwa proses ujian hari pertama berjalan lancer. “Alhamdulillah secara umum seleksi UM-PTKIN pada hari pertama melalui SSE kali ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala berarti”, tegas beliau.

Sementara itu Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Afnida Nengsih, S.Ag, M.Pd mengatakan pelaksanaan SSE UMPTKIN 2022 di UIN Imam Bonjol ini dilaksanakan dalam 2 hari. Pada hari pertama, pelaksanaan ujian dibagi menjadi 3 sesi dengan masing-masing sesi terdapat 20 ruang ujian. Sementara pada hari kedua, ujian dibagi menjadi sebanyak 2 sesi dengan jumlah ruangan yang sama.

Afnida Nengsih juga menambahkan bahwa masing-masing ruang diawasi oleh 1 penanggung jawab ruang dengan 20 orang peserta ujian. “Untuk kelancaran pelaksanaan ujian, kita menugaskan untuk setiap 4 penanggung jawab ruang dibantu oleh 1 orang Penanggung jawab IT”, tambahnya.

Kepala TIPD, Zulfendri, M.Kom., menyebutkan bahwa dalam SSE, peserta yang mengikuti ujian di rumah masing-masing akan terpantau secara online oleh petugas pengawas di pusat pengawasan. Pemantauan bukan semata dimulai saat peserta login untuk online dan mengerjakan soal melainkan juga dari sistem tangkap layar dan audio otomatis yang ada pada aplikasi SSE peserta.

Sistem tangkap layar dan audio tersebut akan bekerja secara otomatis mengikuti pergerakan dan suasana peserta saat mengerjakan soal. Kemudian, hasil tangkapan layar dan audio akan dikirim ke layar monitor pengawas di pusat pengawasan. Jadi, dengan sistem tersebut peserta ujian dapat diketahui secara visual dan audio setiap pergerakan dan peristiwa yang dilakukannya, termasuk jika ada indikasi kecurangan saat mengisi soal.

Dalam SSE UM-PTKIN tahun 2022, diketahui sejumlah 6.446 calon mahasiswa memilih UIN Imam Bonjol Padang. Jumlah tersebut menyebar di berbagai program studi yang ada.

Posting Komentar

0 Komentar