Tim KKN melakukan survey KKN Tematik di Kabupaten Tanah Datar Batusangkar.

IMPIANNEWS.COM

Padang --- Ketua Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nazirman dan tim melakukan survey KKN Tematik di Kabupaten Tanah Datar Batusangkar. Kegiatan dilaksakanakan di dua kecamatan yakni Kecamatan Rambatan bertempat di kenagarian III Koto dan Kecamatan Limo Kaum.

Tim disambut oleh Camat Irwan dan staf  dengan penuh keakraban. Beliau mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Tim menggali  informasi tentang peraturan pemerintah tentang sertifikasi produk halal dan kesiapan pemerintah kecamatan dan nagari untuk mensukseskan KKN tematik halal dan percepatan kegiatan pendaftaran produk untuk mendapatkan sertifikat halal.

Kedua lokasi ini dipilih karena merupakan nagari sentral industri kecil menengah. Khusus untuk limo kaum melalui camat dan walinagarinya menambahkan, disamping tematik halal mahasiswa diharapkan mampu menginventarisir usaha kecil menegah yang sudah memiliki izin usaha untuk selanjutnya dipersiapkan mengikuti pendaftaran sertifikasi halal.

Secara umum kedua kecamatam belum ada mendapat  instruksi pimpinan tentang peraturan pemerintah mengenai kewajiban untuk sertikasi produk halal. Akan tetapi pemerintah daerah baik tingkat kecamatan maupun nagari mengapresiasi dan mendorong serta menyambut baik adanya tema KKN tematik halal yang akan dilaksanakan oleh UIN Imam Bonjol Padang.

Camat Limo Kaum juga menambahkan disamping KKN Tematik halal, hendaknya UIN Imam bonjol juga menambahkan program Kerja KKN tematiknya dengan Pemetaan Usaha Mikro, Managemen Koperasi Syariah dan Pendampingan keluarga.  Camat  bersedia untuk menjadikan limo kaum sebagai nagari mitra  UIN Imam Bonjol Padang untuk  5 tahun ke depan.  

“Pemerintah daerah yakni kecamatan dan nagari di Kabupaten Tanah Datar sangat mersepon dan mendukung kegiatan KKN tematik halal ini.”pungkasnya

Posting Komentar

0 Komentar