Pro dan Kontra Mengambil Kerja Sampingan Saat Sedang Menempuh Pendidikan di Perguruan Tinggi

Photo by: Audesza Rizkia Zahra

IMPIANNEWS.COM

Dalam masa menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentu saja di perlukan komitmen untuk menyelesaikan studi yang telah di pilih tetapi tidak sedikit mahasiswa yang memilih untuk mengambil kerja sampinga untuk membantu ekonomi mereka. Tentu saja ada pro dan kontra dalam mengambil kerja sampingan dimasa pekuliahan.

Saat menjalani perkuliahan pasti dibutuhkan keseriusan dalam menjalani kuliah tersebut, mungkin perkuliahan bisa terlihat banyak waktu luang hingga bisa megambil kerja sampingan, disamping itu banyaknya mahasiswa perantauan di kuliah menjadi salah satu faktor mereka mengambil kerja sampingan. Mahalnya perkuliahan juga menjadi salah satu faktor mengapa banyaknya mahasiswa yang mengambil pekerjaan sampingan.

Sebagai mahasiswa perantauan mahasiswa harus bisa bertahan selama dimasa perkuliahannya maka dari itu kerja sampingan bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk diambil untuk membantu perekonomian mahasiswa. Tetapi itu akan banyak menyita waktu untuk menjalani pembelajaran saat kuliah seperti waktu yang bentrok saat kuiah, sedikitnya waktu untuk mengerjakan tugas kuliah, dan susahnya bersosialisasi atau mengikuti organisasi karena waktu yang terbatas untuk bekerja. Tetapi hasil yang di dapatkan dari bekerja sampingan bisa berdampak besar untuk perekonomian mahasiswa karena pasti mereka akan mendapatkan uang jajan tambahan atau bisa membantu untuk membayar uang perkuliahan dari hasil kerja tersebut.(Ujar Adicandra)

Tetapi mengambil kerja sampingan juga bisa beresiko besar dan menganggu perkuliahan mahasiswa karena bekerja dan berkuliah pasti akan menyita waktu untuk berfokus menjalani pembelajaran di kuliah. Maka dari itu alternative lain dalam melancarkan perekonomian saat masa perkuliahan, mahasiswa bisa mencari beasiswa untuk membantu hidup mereka selama di perantuan. Dengan adanya beasiswa beban mahasiswa pasti akan berkurang terutama dalam bisdang perekonomian dan mereka bisa lebih berfokus untuk menjalin pembelajaran dan berfokus pada perkuliahan dengan tenang. (Ujar Budi).

Tentu saja mengambil kerja sampingan saat menjalani pendidikan di perguruan tinggi adalah kebebasan dan pilihan dari setiap mahasiswa yang terpenting adalah menejemen waktu dan komitmen untuk focus menjalani tujuan utama. Banyak mahasiswa yang pergi merantau untuk kuliah tetapi dia lebih berfokus pada pekerjaan yang dia dapat sehingga merusak perkuliahan mereka. Juga denga tersedianya banyak mahasiswa ini bisa menjadi solusi untuk mahasiswa yang punya masalah ekonomi untuk menjalani perkuliahan dengan fokus dan tenang.

Posting Komentar

0 Komentar