Kamera Analog, Bertahan di Tengah Praktisnya Kamera Digital

Kamera Analog dan Roll Film. Dok. Pribadi

Oleh: Farhan Rozadi
(Mahasiswa Sastra Inggris Unand)

IMPIANNEWS.COM

Artikel - Kamera adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengabadikan momen. Dunia fotografi sudah jauh berkembang dari era kamera analog dengan roll film hingga era kamera digital dan kamera pada smartphone. Sekarang mengabadikan momen jauh lebih mudah menggunakan kamera digital. Pada zaman dahulu fotografer perlu untuk mencuci gulungan film yang telah mereka gunakan untuk dapat melihat hasil yang sudah mereka tangkap dari kamera analog.

Perkembangan kamera kearah yang lebih praktis ini sangat membantu fotografer dalam mempercepat kerja mereka. Namun, kepraktisan tersebut tidak menghilangkan eksistensi kamera analog. Banyak kota-kota di Indonesia memiliki komunitas kamera analog. Salah satunya kota Padang, yaitu Komunitas Analog Padang dengan nama pengguna di Instagram @padangberanalog. Komunitas ini memiliki agenda hunting bersama yang dinamai Mobilan atau Moto sambil jalan-jalan. Selain itu juga ada kegiatan kolektif mengirimkan roll film bersama. Karena tidak ada labor pencucian film di kota Padang.

Baim Koto adalah salah satu admin Whatsapp Group Komunitas Analog Padang. Ia adalah seorang fotografer professional dan sudah menggunakan kamera analog sejak tahun 2009. Baim menerangkan bahwa komunitas ini mulai aktif dan memiliki grup diskusi pada akhir tahun 2019.  Pada wawancara yang dilakukan di panggilan Whatsapp, Baim mengatakan “Anggota komunitas ini umumnya adalah anak-anak muda yang memiliki passion di dunia fotografi. Mereka ingin memiliki pengalaman unik dalam mengambil gambar yang tidak didapatkan di kamera digital”.

Sekarang pengguna kamera analog juga semakin banyak. Hal ini dapat kita lihat dari semakin meningkatnya harga roll film di pasaran. Selain bahan baku roll film yang semakin langka, kenaikan harga ini juga dipengaruhi oleh tingginya permintaan pasar terhadap roll film. Baim juga memberikan solusi yang dapat dilakukan oleh teman-teman yang ingin membeli roll film dengan harga miring. Yaitu dengan membeli roll film yang sudah expired di marketplace. Banyak penjual roll film yang membeli expired film kemudian mengganti merknya dengan nama toko mereka dan dijual dengan harga yang lebih murah. Gambar yang dihasilkan tentu akan berbeda dari film yang masih segar, namun expired film juga memberikan karakter baru pada gambar yang ditangkap.

Kamera analog memberikan pengalaman yang baru dan menarik bagi mereka yang sudah terbiasa dengan kamera digital. Sang fotografer harus dapat memanfaatkan sense-nya sebagai fotografer karena foto tersebut tidak dapat langsung dilihat hasilnya. Limitasi sekitar 36 foto tiap roll juga menantang fotografer analog untuk mampu mengabadikan momen dengan tepat. Kamera analog menolak mati dari dunia fotografi melalui penggunanya yang setia dan menyukai pengalaman menarik.

Posting Komentar

0 Komentar