Forikan Kota Padang Terus Motivasi Warga Tingkatkan Konsumsi Ikan

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Konsumsi ikan warga Kota Padang masih tergolong rendah. Data Dinas Perikanan dan Pangan mencatat konsumsi ikan warga 42 KG/kapita berarti di bawah nasional yaitu 56 KG/kapita.

Hal itu mendorong Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang lebih gencar memotivasi masyarakat untuk gemar memakan ikan. 

Wakil Ketua Forikan Kota Padang Dr. Putri Sari Ivanny mengatakan, masyarakat perlu diedukasi dan terus dimotivasi untuk gemar memakan ikan. Padahal Padang berada di kawasan bahari yang merupakan penghasil ikan. 

"Ironisnya, daerah ini adalah daerah bahari sementara warganya tidak mengkonsumsi ikan dengan cukup, " ujar istri Sekda Kota Padang itu saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Forikan Kota Padang di hotel kyriad Bumi Minang  Selasa (14/6/2022).

Dokter spesialis THT yang akrab disapa Vanny itu juga memaparkan kandungan ikan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Bahkan,  kebaikan dari ikan juga dapat menjadi nutrisi bagi tumbuh kembang otak anak. 

"Kandungan ikan bermanfaat bagi tubuh manusia,  bahkan kebaikannya juga menjadi asupan nutrisi bagi otak pada anak, " imbuhnya. 

Ditambahkan Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Guswardi, gemar makan ikan sudah digalakkan secara nasional. Salah satunya pembentukan forum yang jadi agen, inspirator, motivator, kreator sekaligus inovator dalam upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat. 

"Pemerintah Kota Padang,  khususnya Dinas Perikanan dan Pangan akan terus berupaya agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan,"  kata Guswardi. 

Pihaknya juga berupaya mencapai target 52 KG perkapita konsumsi ikan. Setidaknya sama dengan tingkat konsumsi ikan Provinsi Sumatera Barat. 

"Kami optimis,  dengan gerakan makan ikan melalui Forikan akan meningkatkan minat dan kegemaran masyarakat mengkonsumsi ikan," katanya. 

Pada kesempatan itu, Walikota Padang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan,  Endrizal mengukuhkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar