Tangkal Penyimpangan dengan POAC

Oleh: Sekwan Kota Payakumbuh, H. Yonrefli 
Foto (Gedung DPRD Kota Payakumbuh) 


IMPIANNEWS.COM, - Secara sederhana terjadinya penyimpangan secara sengaja atau tidak, biasanya diawali oleh pemahaman dan pelaksanaan manajemen yang tidak sesuai dengan apa yang telah disusun dan ditetapkan.


Fungsi-fungsi manajemen tersebut, mulai dari perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengawasan (Controlling) akrab disebut POAC secara teknis telah menata kita untuk melakukan satu pekerjaan dalam organisasi secara sistimatis, terukur, realistis dan terkontrol. 


Perencanaan yang tepat dengan mempedomani tujuan, sasaran organisasi yang jelas akan jadi Petunjuk untuk telaksanaya pekerjaan dengan benar. Yang pasti faham tugas pokok dan fungsi, tahu baatasan kewenangan dan tanggung  akan mengarahkan kita pada pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) organisasi. Sementara IKU Merupakan teropong pintar bagi seluruh anggota organisasi agar faham apa yang akan dicapai dan dikerjakan untuk mewujudkan tujuan organisasi .


Setelah perencanaan ada, dalam manajemen yang kedua yang harus difahami adalah pengorganisasian, bisa juga kita fahami sebagai pengelompokan jenis, siapa yang akan melaksanakannya. Ini penting agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan. 


Kemudian actuating atau sering juga difahami satu proses pelaksanaan perencanaan yang telah disusun secara sistimatis tadi secara efektif, effisien, profesional. Sepanjang rambu-rambu tersebut dilakukan dengan benar sesuai dengan Kerangka Acuan Kerja (KAK), time schedule dan petunjuk teknis lainya ditaati, kita yakin tidak akan terjadi penyimpangan. Penyimpangan kecil yang akhirnya menjadi besar terjadi akibat pelaksanaan yang sembrono atau seenaknya. 


Terakhir fungsi manajemen yang sangat penting adalah controling. Pelaksanaan pekerjaan harus dikontrol, pengawasan itu dimulai dari awal penyusunan perencanaan. Pengawasan  pengorganisasian, apakah yang mengerjakan sesuai tusinya juga sangat penting. Pengawasan jalannya pelaksanaan, apakah anggaran digunakan dengan pengalokasian anggaran yang telah ada, apakah dari sisi rekening, batasan besaran anggaran ditaati dan dipatuhi. 


Kalau dari awal ini sudah digiring ke yang menar, insyaallah akhirnya tidak akan bermasalah. Bermasalah tersebut bisa jadi pada pencapaian kinerja. Juga permasalahan terjadinya penyimpangan penggunaan dana secara tidak legal. Yang sangat terkait dengan fungsi-fungsi ini terutama sekali terkait kontrol adalah para manager atau pimpinan 


Mari menjaga semangat kerja dengan bekerja benar, serius, produktif, ikhlas dan semata-mata untuk kebaikan bagi masyarakat.(014)

Posting Komentar

0 Komentar