Pentingnya Sastra di Era Modern

Oleh: Malva Prime Leveler Sylvestrisa
(Sastra Inggris Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Artikel - Sebelum kita mengetahui seberapa penting sastra, kita akan membahas apa itu sastra. Sastra ialah ungkapan ekspresi manusia berupa karya tulisan atau lisan berdasarkan pemikiran, pendapat, pengalaman, atau perasaan dalam bentuk yang imajinatif.

Mengapa bentuknya dapat berupa imajinatif? Karena terdapat jenis sastra non-imajinatif atau fakta. Biasanya sastra ini mengambil data dari berita atau sejarah.

Umumnya sastra datang pertama kali dari sektor pendidikan, yang disebut sekolah. Sejak kita kecil kita sudah ditanamkan untuk membaca dan menulis. Sastra menjadi wadah untuk semua orang untuk membaca ataupun menulis.

Menurut para professor, respon mahasiswa cukup menjanjikan. “kami memiliki sekitar 50 atau 60 mahasiswa jurusan sastra” kata William Haney, professor sastra dan kepala Departemen Bahasa Inggris di AUS. Dari pernyataan ini dapat kita lihat bahwa rata-rata mahasiswa senang akan sastra, dikarenakan sastra kebanyakan membaca dan menulis.

Pentingnya sastra juga dikatakan oleh Judith Caesar, Professor Bahasa Inggris di Universitas America Sharjah (AUS) bahwa “dengan membaca, kita dapat berempati dan memahami oranglain”. “sastra merangsang pemikiran, dan itu juga memungkinan kita untuk mengajukan pertanyaan dan memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang masalah dan situasi”. Caesar menekankan kalimat itu agar pembaca dapat memahami makna konflik manusia.

Tapi faktanya apakah manusia di zaman sekarang masih ada membaca? Tentunya masih banyak orang di dunia yang masih suka membaca. Tetapi kebanyakan dari mereka tidak memahami bahkan lupa dengan apa yang dibacanya. Manusia di zaman sekarang hanya tertarik membaca hal-hal yang tidak penting dibanding dengan membaca sastra itu sendiri.

Banyak siswa sangat setuju bahwa sastra sangat penting untuk kemajuan masyarakat. Salah satu mahasiswa di AUS (Sophie Chamas) mengatakan “sastra memberikan wawasan ke dalam pikiran manusia”.  

Sastra juga sebagai cerminan kemanusiaan bagaimana cara kita saling memahami. Sastra sangat berperan penting dalam kehidupan karena didalam sastra kita bisa mengambil banyak hikmah dalam nilai-nilai sastra. Selain itu juga sastra bisa memberikan pembaca untuk menghibur diri dari kesedihan ataupun kebosanan.

Sastra sangat penting bagi perkembangan masyarakat modern, karena sastra mampu membawa pikiran pembaca ke alam semesta sastra, seperti kehidupan cinta, kesedihan, konflik, dan lain-lain. Sastra juga memberikan kita kemampuan untuk melihat dunia dengan pemikiran yang jernih.

Sastra-sastra seperti buku, drama, film bisa dirasakan di zaman modern ini. Tindakan dan ilustrasi bisa menunjukkan nilai-nilai pada sastra itu sendiri.

Dapat disimpulkan bahwa peran sastra sangat berarti bagi masyarakat di masa modern ini. Dimana orang-orang sekarang tidak akan mau membaca buku dan kebanyakan sibuk dengan dunia masing-masing. Sebagai masyarakat modern, tentunya kita harus memperjuangkan nilai-nilai sastra dengan cara tidak lupa untuk membaca karya-karya sastra.

Posting Komentar

0 Komentar