Pemerintah Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Pelaksanaan ANBK Tingkat SD dan Madrasah Tahun 2021

.

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh – Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten I Dafrul Pasi melakukan monitoring pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah tahun 2021 yang digelar di SD Negeri 4 Payakumbuh dan SD IPHI Payakumbuh, Selasa (16/11)


Dalam kunjungannya, Asisten I Dafrul Pasi didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dasril, Kepala Dinas Komunukasi dan Informatika Junaidi dan Kepala Kantor Kemenag Ramza Husmen. 



“Hasil monitoring kita di dua sekolah untuk pelaksanaan ANBK tingkat SD berjalan lancar,” kata Dafrul Pasi


Dafrul menjelaskan pelaksanaan ANBK tingkat SD dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang I dan II dilaksanakan selama tiga hari yaitu Senin-Rabu (15-18/11) mendatang. 


“Mengingat rata-rata sekolah dasar belum ada fasilitas lengkap, seperti jaringan internet dan komputer maka dari itu kami meninjau langsung apa saja yang dibutuhkan dan dapat dibantu pemenuhannya,” kata dia.


Ditambahkan Dafrul, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh Satuan Pendidikan. 


“Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid,” tegasnya.


Asesmen Nasional ini dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar. 


“Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran,” pungkasnya. 


Senada, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi mengatakan

monitoring ANBK bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan ANBK pada SD tersebut berjalan dengan aman, lancar, sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik.


"Semoga dengan adanya monitoring ini pelaksanaan ANBK tahun 2021 berjalan dengan lancar sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik," Pungkasnya.(014)

Post a Comment

0 Comments