UIN Imam Bonjol Padang gelar acara wisuda ke - 85.


Impiannews.com ( Padang )

UIN Imam Bonjol Padang gelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda angkatan ke-85, Sabtu  26 Juni 2021. Acara wisuda ini dilaksanakan secara daring dengan diikuti  1.064 wisudawan/ti yang tersebar pada jenjang diploma, sarjana, dan pascasarjana.

Rektor UIN Imam Bonjol, Prof. Dr. Eka Putra Wirman, M.A. menyampaikan,  masifnya transformasi digital di dunia kerja. Beliau juga menyinggung prediksi ilmuwan tentang teknologi robot yang berpotensi menggantikan peran manusia di dunia kerja masa depan.

“Kemunculan teknologi Robot and Autonomous System (RAS) menghadirkan kecemasan baru. Banyak ilmuwan memprediksi peningkatan teknologi robotik tersebut akan menggeser peran manusia di dunia kerja masa depan”, pungkasnya

Lebih lanjut, Rektor juga menyorot dampak perkembangan teknologi pada ketatnya kompetisi di dunia kerja. Kampus memiliki peranan penting untuk membekali alumni dengan kompetensi dan keterampilan abad ke-21 agar memiliki daya saing di tengah dinamika tersebut.

“Kampus harus membekali alumni dengan kompetensi dan keterampilan abad ke-21, sehingga mereka dapat bersaing dalam arus dinamika persaingan global. Dalam proses pembelajaran, harus ada porsi yang besar untuk peningkatan kompetensi learning skills, literacy skills, dan life skills”, tegas beliau.

Kendatipun demikian, Rektor menegaskan relijiusitas Islam sebagai identitas yang melekat dalam diri alumni UIN Imam Bonjol. Alumni UIN Imam Bonjol tidak boleh tercerabut dari identitas tersebut. Mereka harus mampu meletakkan Islam dan modernitas secara seimbang dan proporsional.

“Alumni UIN Imam Bonjol harus surplus nilai-nilai relijiusitas. Mereka adalah pribadi modern-relijius. Mampu memadukan fitur-fitur kecanggihan teknologi dan nilai-nilai keislaman secara seimbang dan proporsional dalam satu helaan napas”, tutup beliau.

Pelaksanaan wisuda angkatan ke-85 secara daring mengacu kepada Instruksi Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021. Format daring dilaksanakan mengingat penyebaran COVID-19 yang masih terjadi di tengah masyarakat.
( Ay/HMS )

Posting Komentar

0 Komentar