Di tepian wisudan/ti dua kepala daerah memberikan orasi.

 

Impiannews.com ( Padang )

Dua Kepala Daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tampil memberikan orasinya di hadapan wisudawan dan wisudawati Universitas Negeri Padang (UNP) ke-123/ Sabtu 26 Juni dan Minggu 27 Juni 2021 secara Luring di Auditorium Kampus Utama UNP Air Tawar Padang.
Pada wisuda yang digelar selama 3 hari ini diwisuda sebanyak 1381 orang berasal dari semua Fakultas dan Pascasarjana, yang ada di lingkungan UNP.
Rektor UNP. Prof. Ganefri, Ph.D, dalam arahannya menyampaikan terimakasihnya atas kesedian kepala daerah di Sumbar untuk menyampaikan visi dan strageri daerahnya dalam pembangunan SDM, “sejak tahun 2019 yang lalu, UNP sudah melibatkan Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat termasuk daerah tetangga Riau dan Jambi, agar MoU yang sudah kita buat, bisa terealisasi dan isu-isu seputar pembangunan daerah bisa kita simak dan diskusikan dengan Kepala Daerah tersebut, sehingga program yang dirancang di UNP Link and Mach atau lebih kontekstual dengan daerah wilayah  Sumbar dan tetangganya, ujar Rektor dalam pidato wisudanya yang berjudul “ Merdeka Belajar dalam Filosofi Alam Takambang Jadi Guru” tersebut.
Pada hari Sabtu/ 26 Juni 2021, yang merupakan hari pertama wisuda periode ke-123, Walikota Padang Hendra Septa, B. Bus, (Acc), M.I.B dengan Judul Orasi: “Visi Kota Padang dalam Mengimplementasikan Gerakan Merdeka Belajar”.
Pada pemaparannya Walikota Padang menjelaskan bagaimana kondisi umum pendidikan Kota Padang, tantantangan ke depan dan berbagai program yang dilaksanakan terkait dengan gerakan Merdeka Belajar.
Selanjutnya Walikota muda ini, juga mengajak lulusan UNP untuk berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan Kota Padang, sebagai kota besar di Sumbar, Pendidikan Kota Padang harus terus ditingkatkan secara kualitas, “Kami di Kota Padang akan terius bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Padang, khususnya UNP untuk pembangunan SDM dan menyukseskan gerakan Merdeka Belajar, kata orang nomor satu di Kota Padang itu.
Pada wisuda hari kedua, Minggu/ 27 Juni 2021, kegiatan orasi menampilkan Bupati Pasaman Benny Utama, S.H, M.M, yang menyampaikan orasinya yang berjudul; “Model Pemerataan Pendididikan di Kabupaten Pasaman”.
Bupati senior di Sumbar ini, mengakui bahwa daerah masih tertinggal dengan daerah lain dalam pembagunan SDM, tetapi terjadi dinamika dalam capaian-capaian peningkatan kualitas di daerahnya, karena menerapkan tujuh strategi pembangunan pendidikan yang berbasis mutu dan menyentuh ke masyarakat bawah.
Kondisi geografis daerah Pasaman yang berbatasan dengan dua provinsi dan 7 kabupaten sebenarnya sebuah peluang ke depan untuk pengembangan pendidikan di daerahnya, apalagi di daerahnya saat ini berdiri SMA 3 Sumbar.
Selanjutnya Bupati Pasaman mengharapakan UNP terlibat aktif peningkatkan kualitas pendidikan PAUD di daerhanya yang masih banyak kendala, “Ada 32 persen lembaga PAUD di Pasaman yang memerlukan perhatian, khususnya dalam pencapaian akreditasi”., tegas Bupati Pasaman tersebut
Pada prosesi wisuda ini, juga akan disiarkan secara live melalui Youtube, yang disiarkan oleh Tim PTIK dan Humas UNP. Tujuannya agar dapat diikuti oleh keluarga wisudawan dan wisudawati, karena sejak Covid-19 menyebar, upacara wisuda hanya bisa diikuti oleh Wisudawan saja ( ay/Hms ).

Posting Komentar

0 Komentar