Pesona Galugua. 3 Agenda Penting RKN di Galugua

Air terjun 1000 jenjang 

IMPIANNEWS.COM 

Lima Puluh Kota, -- Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) bergerak menuju Nagari Galugua untuk realisasi gagasan ‘membangun dari pinggir’.


“Pagi ini kami bergerak menuju Galugua. Kegiatan ini adalah adalah dalam rangka menterjemahkan gagasan bupati, “Membangun dari Pinggir”,” kata RKN di Galugua, Sabtu (22/5).


Beberapa minggu yang lalu bupati telah cek kondisi lapangan. Galugua adalah salah satu nagari di Kec. Kapur IX dengan kondisi infrastruktur sangat memprihatinkan, hanya mobil double gardan yang mampu menuju lokasi.


“Karena itu, bupati menegaskan komitmennya untuk membangun Galugua. Insya Allah tahun ini ada anggaran untuk perbaikan jalan ke Galugua. Pagi ini kami bergerak untuk melanjutkan apa yang telah beliau mulai. Kami lebih fokus kepada program peningkatan ekonomi,” kata RKN.


RKN menyebut ada tiga agenda Pemda di Galugua yakni meninjau lokasi lahan percontohan budidaya jagung seluas lebih kurang 20 ha. Ini merupakan bagian dari rencana besar membuka 20 rb ha lahan untuk program swasembada jagung.


Kedua, temu ramah dengan niniak mamak pemilik ulayat bersama pemerintah nagari dan camat. Galugua kaya potensi. Ada sekitar 25 rb ha lahan di Galugua. 


“Sangat sayang tidak terkelola secara maksimal,” ujarnya.


Ketiga, Ekspedisi Galugua, menyusuri syurga yang terhampar di sana. Ada banyak potensi wisata belum dikenal.


“Kami ingin ekspos. Memperkenalkan destinasi hidden kita harus menjadi gerakan. Kami saat ini hadir bersama beberapa OPD terkait. Kami ingin menjadikan Galugua sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru, terintegrasi antara pembangunan pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata,” tuturnya.(014)

Posting Komentar

0 Komentar