Tim Robotik MAN 1 Bukittinggi Berlaga di Nasional


IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, --- Tim Robotic Minangkabau 1, 2 dan 3 dari MAN 1 Kota Bukittinggi berhasil lolos masuk 30 besar dalam Lomba Madrasah Robotic Competitions (MRC) 2020 tingkat nasional. Dengan demikian ketiga Tim tersebut berhak masuk ke babak selanjutnya. 

Dalam kompetisi ini, peserta didik madrasah yang dikenal dengan Madrasah Vokasional ini mengikuti dua kategori dari  tujuh kategori lomba yang ditawarkan. Kategori robot  Internet Of Thinks dan Robot Kreatif menjadi pilihan Tim Minangkabau Robotic dari MAN 1 Kota Bukittinggi.

Kegiatan Madrasah Robotics Competition 2020 ini dilaksanakan secara Virtual dan bertahap mulai dari babak penyisihan hingga ke acara final. Terdapat tujuh kategori yang akan diperlombakan, yaitu Maze Solving, IoT (Internet of Things), Creative, Under Water, Line Follow, ASV, dan Sumo. Setelah mendaftar, para peserta akan diminta untuk untuk mengupload materi yang disyaratkan dalam bentuk video ke website panitia dan kemudian akan diseleksi oleh tim juri. Sampai saat ini sudah masuk pada pengumuman penilaian Tim Juri.

Dalam lomba MRC ini peserta dituntut untuk mempresentasikan mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan sampai menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang sehingga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Selain kompetisi, dalam rangkaian kegiatan Madrasah Robotics Competition 2020 ini juga melaksanakan beberapa program Webinar dan Talkshow Virtual bertemakan Pengembangan dan Inovasi Teknologi Robotik. Tim MRC MAN 1 Kota Bukittinggi selalu berpartisipasi mengikuti setiap rangkaian acara  secata virtual melalui beberapa media sosial yang tersedia.

Kepala MAN 1 Kita Bukittinggi Drs. Irsyad, M.Pd Kamis, (10/12/2020) mengatakan, peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi mengikuti dua kategori dari tujuh kategori lomba dan alhamdulillah tiga tim tersebut masuk 30 besar dan melanjutkan kebabak selanjutnya. 

Untuk kategori robot  Internet Of Thinks peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi mengirim 1 Tim  yakni Tim Minangkabau Robotik 2 atas nama Windi Putri Anjeli dan Restiani dari  kelas XI Program Keagamaan dengan teman  "Future DAM" robot IOT ( Internet Of Things ).

Sedangkan 2 Tim merupakan peserta dengan kategori Robot Creatif.  Tim Minangkabau Robotic 1 yakni Farhan Arianda dan Muhammad Rayhan Al Fikri dari kelas XII IPA dengan tema Teknologi Otomatis dengan penempatan sensor kamera piksi 2. 

Dan satu tim lagi yaitu Tim Minangkabau Robotic 3 yakni Nurul Izzati dan Salsabila dari kelas XII Program Keagamaan dengan tema "Currency Nominal Detector" Robot  Kreatif pendeteksi nominal mata uang.

"Karena kondisi pandemi tahun ini pembinaan dan persiapan bagi peserta didik yang mengikuti MRC dari MAN 1 Kota Bukittinggi diinapkan di Mes MAN 1 Kota Bukittinggi. Selama sebulan lebih mereka melakukan persiapan dan pamantapan dibawah bimbingan Tim Sukses MRC yang diketuai oleh Bapak Zulkhairi selaku pembina Robotic MAN 1 Kota Bukittinggi dalam pengawasan Waka Kesiswaan MAN 1 Kota Bukittinggi, Ibu Ernitha Thamrin, S.Ag" tuturnya.

Irsyad menyampaikan trimakasih kepada ke -3 Tim Minangkabau Robotic beserta Tim Sukses MRC MAN 1 Kota Bukittinggi yang selalu bersemangat mempersiapkan segala persyaratan guna mengikuti lomba ini. Dari menyusun proposal, merakit, merancang sampai mengoperasikan Robot mereka lakukan dengan serius dan keyakinan yang tinggi. 

"Sekarang lomba sudah masuk pada tahap penilaian juri dan tepat pada hari ini 10 Desember 2020, diumumkan, Alhamdulillah 3 Tim robotik MAN 1 Kota Bukittinggi lolos masuk 30 besar dan masuk dalam babak selanjutnya.  Selamat kepada ke tiga Tim Minangkabau Robotic MAN 1 Kota Bukittinggi dan matangkan persiapan untuk babak selanjutnya dan dengan ikhtiar dan doa, InsyaAllah kita bisa meraih juara," harapnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota H. Kasmir didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H. Gazali menyampaikan apresiasi terhadap siswa madrasah Kota Bukittinggi khusus siswa MAN 1 Kota Bukittinggi yang telah berjuang maksimal dalam rangkaian kegiatan Madrasah Robotics Competition tahun 2020 sehingga berhasil lolos tiga puluh besar.

"Selamat kepada siswa MAN 1 Kota Bukittinggi dan pelatih yang telah berlatih maksimal. Mari kita do'akan tim MAN 1 Bukittinggi berhasil meraih prestasi yang maksimal pada tahap selanjutnya" tuturnya.(014)

Posting Komentar

0 Komentar