UIN imam Bonjol Padang melaksanakan acara wisuda ke- 83 secara viltual.


Impiannews.com ( Padang)

universitas Islam Negeri  ( UIN) Imam Bonjol Padang, gelar acara wisuda ke- 83, kegiatan wisuda tersebut di gelar secara virtual.Rabu 25 November 2020 di Auditorium serbaguna UIN Imam Bonjol Padang.

Rektor UIN imam Bonjol Padang prof. Dr. Eka putra Wirman  Lantik 1.190 orang wisudawan/Wati UIN Imam Bonjol Padang di wisuda  secara virtual.lulusan UIN Imam Bonjol Padang yang terdiri dari 66 orang lulusan program diploma, 986 orang lulusan program sarjana, dan 138 orang lulusan Program Pascasarjana. Masing-masing dari mereka merupakan lulusan Fakultas Adab dan Humaniora sebanyak 100 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 174 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 98 orang, Fakultas Syariah 167 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 419 orang, Fakultas AgamaUshuluddin dan Studi 94 orang, dan Program Pascasarjana 138 orang. 


Rektor UIN Imam Bonjol Padang prof. dr. Eka putra Wirman mengatakan,Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UIN Imam Bonjol Padang kepada agama, bangsa, dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama UIN Imam Bonjol Padang.

Acara wisuda ini juga merupakan salah satu wujud nyata dari hasil kerja tridharma UIN Imam Bonjol Padang dalam kerangka akuntabilitas UIN Imam Bonjol Padang kepada agama, bangsa, dan negara," ucap Rektor UIN IB Padang prof. Dr. Eka Putra Wirman

Lebih lanjut  Eka putra mengatakan, mendidik dan meluluskan mahasiswa merupakan gabungan karya nyata dharma pendidikan, dharma penelitian, dan dharma pengabdian kepada masyarakat. 

"Kami berharap semua wisudawan/wati UIN Imam Bonjol Padang dapat berkontribusi maksimal bagi kemaslahatan masyarakat, agama, bangsa, dan negara dimana pun mereka berkiprah nantinya," harapnya

 

Lebih lanjut lagi Eka putra mengatakan, Agenda  wisuda hari ini berbeda dari semua agenda yang pernah kita lakukan sebelumnya. Wisuda kita laksanakan hari ini berada dalam bingkai regulasi induk tersebut. Dengan kesungguhan dan keseriusan kita bersama, pertemuan di ruang maya ini tidak akan mengurangi nilai, spirit, dan substansi dari kegiatan wisuda. Meskipun kita hanya bertemu dalam aplikasi kompetensi Vidio zoom, acara wisuda yang kita laksanakan hari ini tetap menjadi agenda sakral yang menjadi penanda fase baru dalam hidup para wisudawan/wisudawati yang berbahagia.

Eka putra mengungkapkan, Kita sekarang sedang menyiapkan lokasi smart kampus di sungai bangek kampus lll di kampus lll tersebut  disamping kita membangun gedung itu juga menyiapkan infrastruktur, fasilitas-fasilitas yang memungkinkan  menjadi smart kampus, jadi seluruh fasilitas IT kita persiapkan disana," ucap Eka putra kepada awak media seusai acara wisuda

Lebih lanjut Eka putra mengatakan,  sekitar 500M negara memberikan kita anggaran untuk membangun smart kampus, baik dari sisi gedungnya dan fasilitas yang lainnya, kita ingin mencapai visi UIN imam Bonjol Padang menjadi universitas berlebel Islam yang kompetitif ASEAN tahun 2037.

Dari sisi dosen kami menyiapkan dosen-dosen yang pendidikan nya S2 itu apgrep di pendidikan S3 kami mendorong agar segera dosen- dosen yang berpendidikan S2 untuk menyelesaikan pendidikan S3 nya lalu bagi dosen yang sudah berpendidikan S3 kami dorong juga untuk segera mendapatkan guru besar nya.

Dari sisi mahasiswa pertama, kami menyiapkan fasilitas yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan kemudahan dalam proses belajar mengajar, laboratorium kami sebutkan sebagai smart kampus tadi itu laboratorium insyaallah kita siapkan dikampus lll, meskipun dikampus ll juga sudah kita siapkan beberapa Laboratorium tapi lebih lengkapnya nanti di kampus lll itu, kita selesaikan semua laboratorium, dan juga tentu kultur akademik nya kita perbaiki, mahasiswa kita, kita sibukkan dengan hal-hal akademik pendidikan kurikuler dan non kurikuler sehingga mahasiswa kita punya 3 kompetensi yaitu, kompetensi pada ranah komunitif, afektif, dan juga pada ranah sikomotor nya," ujarnya

pesan nya adalah modal untuk berbakti dan mengabdi kepada masyarakat sudah lebih dari cukup bagi yang diplomat skill sudah ada tinggal mengaplikasikan nya ditengah masyarakat baik itu pada lembaga formal, maupun non formal sarjana S1 sudah dibekali dengan kompetensi-kompetensi yang memungkinkan mereka untuk mengabdi ditengah masyarakat apalagi S2 dan S3 jadi bekal sudah cukup tinggal keberanian, keseriusan,dan keteguhan dalam menjalani pengabdian ditengah-tengah masyarakat.

Di  tahun 2021 kita menunggu surat edaran (SE) dirjen kementeria teknis pembelajaran kombinasi antara offline dan online jadi kita tidak bisa langsung seperti sebelum covid -19 tetapi kita kombinasikan ini untuk mengantisipasi kondisi mahasiswa kita, dosen kita yang terkendala dalam proses belajar mengajar, akan kita adakan penambahan fasilitas kesehatan seperti itu dan juga hidup dengan budaya lainnya," tutupnya. (Ay)

Posting Komentar

0 Komentar