Prodi ilmu lingkungan gelar The 2nd ICES 2020.

 

Impiannews.com (Padang)

Persoalan krisis lingkungan merupakan isu yang tidak akan hilang, selalu menjadi diskursus yang urgen dalam pembicaraan, termasuk oleh para akademisi maupun pemerintah. Untuk itu Program Studi S2 dan S3 Ilmu Lingkungan UNP kembali akan gelar International Conference on Enviromental Science (ICES) 2020. Acara seminar dua tahunan ini merupakan agenda dari kolaborasi S2 dan S3 Pascasarjana UNP yang juga merupakan lanjutan dari kegiatan yang sama pada tahun 2018 yang lalu.

Pada seminar yang akan dilangsungkan tanggal 2-3 Desember 2020 tersebut, akan menghadirkan pembicara yang merupakan pakar Internasional dan Nasional di bidang lingkungan dan kependudukan, di antaranya: Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), Letjen TNI Doni Monardo (Kepala BNPB), Dr. Dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (Kepala BKKBN RI), Indrajit, Ph.D (Asian Insititute of Tecnology Thailand), Saffiah Yusof, Ph.D (Malaya University, Malaysia) Prof.dr Fasli Djalal, Sp, Jk, Ph.D (Rektor Universitas Yarsi Jakarta), Prof. Dr. rer Soz Nusyirwan Effendi (Direktur Pasacasarjana Universitas Andalas), Prof. Dr. Eri Barlian, M.S (Ketua Prodi S3 Ilmu Lingkungan, UNP) dan Dr. Indang Dewata, M.Si (Ketua Prodi S2 Ilmu Lingkungan, UNP).

Menurut Ketua Pelaksana Seminar ini Prof, Dr. Eri Barlian, M.S, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat relevan dengan masalah isu lingkungan, kebencanaan apalagi di tengah pandemi Covid-19, karena itu kegiatan ini sangat urgen dilaksanakan untuk menggugah perhatian berbagai pihak yang memiliki kaitan dengan isu lingkungan untuk peduli lingkungan dan bersinergi bersama dalam memecahkan krisis lingkungan dari berbagai perspektif keilmuan.

Pada kegiatan seminar ini, langsung dibuka oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, dan juga akan dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga di Lingkungan UNP. Sementara Direktur Pascasarajana UNP. Prof. Dr. Yeni Rozmela, akan menutup kegiatan ini. Kegiatan seminar internasional ini, akan dilakukan secara virtual, melalui aplikasi zoom meeting, sementara artikel yang masuk sudah 141 artikel, yang datang dari negara-negara kawasan Asia Tenggara, Universitas Terkemuka di Jawa dan dari kalanga akademisi di tingkat lokal. Untuk para akademisi dan non-akademisi yang tertarik pendaftaran masih dibuka sampai tanggl 30 November 2020. Bagi artikel yang memenuhi syarat akan dimasukkan ke Proseding Internasional terindeks IOP Scopus dan sisanya akan dimuat di Jurnal Internasional terindek Shinta, yakni Sumatra Journal, SENJOP dan IJEDs yang merupakan jurnal milik Pascasarjana UNP (Ay/ER/Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar