E-Arsip Jemaah Haji ala Kemenag Bukittinggi


IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri beserta rombongan, Rabu (25/11/2020) mengunjungi Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam rangka melakukan Monitoring dan Evaluasi Penyusunan Laporan Anggaran Program Penyelenggaraan Haji Dan Umrah.

Kedatangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan tersebut disambut langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Kasmir didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Zulfikar dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah, Tri Andriani Djusair. 

Setelah melakukan Monev dan menerima laporan langsung dari Kepala Kantor serta Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Bukittinggi, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri mengapresiasi pelaksanaan program Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Tri Andriani Djusair menyebutkan, selain terlaksananya program Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menata dengan baik seluruh dokumen jama'ah yang didukung dengan e-arsip jama'ah.

H. Kasmir menyampaikan bahwa pelaksanaan Manasik Haji Sepanjang Tahun dengan beberapa inovasi berjalan dengan baik. Beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Kemenag Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, yaitu materi manasik haji melalui video pendek dan udara (RRI), Bimbingan Baca Al-Qur’an Jamaah Haji (Bimbaqu Haji), Teleconference via zoom dan tatap muka secara langsung oleh pembimbing pada masing Kecamatan melalui KUA setempat.

Tidak luput dalam kesempatan itu, H. Kasmir menyerahkan masker sesuai SNI sebagai hasil rekofusing anggara PHU kepada Kakanwil Kemenag Sumbar.

H. Hendri menyebutkan selain melakukan inovasi, penerapan manajemen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bukittinggi dalam penataan dokumen dan administrasi terlaksana dengan baik.

“Dokumen jamaah tertata rapi berdasarkan porsi dan estimasi keberangkatan, sehingga jamaah dengan mudah ditemukan,” ungkap H. Hendri.

Pada kesempatan tersebut H. Hendri beserta rombongan juga melakukan monitoring Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Guguk Panjang pasca diresmikan oleh Menteri Agama, H. Fachrul Razi beberapa waktu yang lalu. (Sy/014)

Posting Komentar

0 Komentar