PERINGATAN HUT TNI KE-75 DIRAYAKAN SECARA VIRTUAL


IMPIANNEWS.COM 

Lima Puluh Kota, --- Kodim 0306/50 Kota bersama Pemerintah Daerah dan Forkopimda mengikuti acara peringatan HUT TNI ke-75 yang bertemakan "Sinergi untuk Negeri" secara virtual dari markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0306/50 Kota di Tanjung Pati, Senin (05/10/2020). 

Acara video conference Peringatan HUT TNI ke-75 bersama Presiden RI Joko Widodo dipimpin langsung oleh Dandim 0306/50 Kota Letkol. Kav. Ferry Lahe dan diikuti dengan khidmat oleh Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Walikota Payakumbuh, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Kapolres Lima Puluh Kota, Kapolres Payakumbuh dan Kajari Payakumbuh. 

Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya menyampaikan bahwa atas nama bangsa dan negara mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75, kami bangga atas berbagai prestasi yang telah ditorehkan selama ini. Semoga kepercayaan dan kebanggaan rakyat Indonesia terhadap TNI tetap terjaga. 

Perjalanan panjang TNI sejak memperjuangkan kemerdekaan hingga kini telah menunjukan bahwa TNI adalah garda terdepan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari berbagai ancaman yang dapat mengganggu keutuhan bangsa dan negara.

Kontribusi TNI dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer Perang (OMP) tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP). TNI pun telah menunjukkan dedikasinya dengan selalu siap membantu rakyat, terutama dalam menghadapi bencana sebagaimana dirasakan saat pandemi Covid-19 ini.

Sudah sewajarnya rakyat Indonesia menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI beserta prajurit dan para purnawirawan, terutama dalam menjaga dan mewariskan institusi yang selalu setia dan berbakti bagi kemajuan negeri. 

"Sebagai Panglima Tertinggi Tentara Nasional Indonesia saya menaruh harapan besar dan mendukung transformasi penguatan TNI sepenuhnya" ungkap Joko Widodo. 

Dunia berubah begitu cepat dan bergerak dengan sangat dinamis, oleh karenanya tranformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan perkembangaan dunia teknologi militer. 

Reformasi pada tubuh TNI memang telah banyak dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa TNI dapat mendukung secara tepat kebutuhan konsolidasi demokrasi serta mengatasi bebagai ancaman,  baik yang bersifat konvensional maupun yang transnasional. TNI juga dituntut dapat mengadopsi perkembangan militer terkini yang berbasis teknologi informasi, teknologi nano dan teknologi cerdas. 

Beberapa transformasi yang dilakukan pada tubuh TNI lima tahun terakhir diantaranya pembentukan berbagai satuan organisasi tempur baru, seperti : Divisi III Kostrad, Komando Operasi III Angkatan Udara, Armada III Angkatan Laut dan Pasukan Marinir ke III. Selain itu telah dibentuk pula tiga kekuatan gabungan TNI, tiga komando wilayah pertahanan, tiga skuad drone serta satuan kekuatan saiber. Semua ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Republik Indonesia dalam mewujudkan TNI yang tangguh dan senantiasa siap menjalankan tugasnya sebagai penjaga kedaulatan NKRI.

Semua itu harus didukung dengan transformasi teknologi dan kemampuan personil yang mumpuni. Revolusi industri jilid IV telah menghasilkan teknologi-teknologi militer baru yang mengagumkan. Saat ini kita berada dalam era lompatan teknologi yang akan mempengaruhi taktik dan strategi perang di masa depan. Untuk itu kita harus mampu memahami dan memanfaatkan teknologi informasi, teknologi nano, dan teknologi cerdas agar tidak tertinggal dari negara lainnya. 

Dipenghujung pidatonya, Presiden RI Joko Widodo berpesan kepada seluruh prajurit TNI untuk selalu siap memenuhi panggilan tugas, setia mengawal Pancasila, NKRI dan Undang-undang Dasar 1945. Dan bagi seluruh prajurit TNI yang saat ini bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil bahkan di luar negeri dalam memelihara perdamaian, terimalah penghargaan tertinggi dari bangsa Indonesia.

"Terus tingkatkan kemampuan dan profesionalisme, pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat, jadikan sinergi menjadi kekuatan membangun negeri yang membawa Indonesia menjadi negara maju. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia" tutup Joko Widodo.(014)

Posting Komentar

0 Komentar