Rusia dan Amerika Serikat sepakat untuk tak Mencampuri Urusan Dunia Maya Terkait Pemilihan Umum

 Rusia dan Amerika Serikat sepakat untuk tak Mencampuri Urusan Dunia Maya Terkait  Pemilihan Umum 


IMPIANNEWS.COM (Rusia)

Presiden Vladimir Putin menyerukan agar Rusia dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk tak mencampuri urusan dunia maya--terkait dengan pemilihan umum masing-masing.

Melansir Reuters, oleh impiannews.com . Jumat (25/9/2020), Putin menyerukan agar dua negara menyusun kesepakatan demi mencegah insiden di dunia maya.

"(Usulan itu bertujuan) saling menjamin tak adanya campur tangan dalam urusan internal masing-masing, termasuk proses pemilu; penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi; serta metode berteknologi tinggi," jelas Putin.

Menurutnya, kesepakatan di antara AS dan Rusia bisa mencegah terjadinya insiden besar di dunia maya--seperti saat Pemilihan Presiden AS 2016. Saat itu, badan-badan intelijen AS menyimpulkan, Rusia ikut campur dalam pilpres guna mendukung Donald Trump, termasuk dengan meretas kampanye saingan Trump: Hillary Clinton. Moskow membantah tudingan itu.

Putin berkata, "salah satu tantangan strategis utama saat ini: risiko konfrontasi skala besar di ranah digital."

Kini, Trump sedang berkampanye dalam pemilihan ulang melawan perwakilan Partai Demokrat AS, Joe Biden. Putin pun meminta agar AS dan Rusia memulihkan jalur komunikasi masing-masing, demi membahas informasi internasional tentang masalah keamanan.

Sekadar informasi, Microsoft mengklaim ada upaya peretasan terhadap Trump dan Biden, dari penjahat siber yang berkaitan dengan Rusia, China, dan Iran. Rusia dan China membantah tudingan tersebut. ***


Posting Komentar

0 Komentar