Tiongkok Kecam Australia untuk Berhenti Campuri Urusan Hongkong


IMPIANNEWS.COM (Tiongkok)

Tiongkok bersikap tegas terkait kondisi di Hongkong. Dari awal mereka tak ingin negara asing mencampuri urusan dalam negeri Hongkong yang merupakan wilayah otonomi khusus mereka. Bahkan, pada Kamis (9/7), Tiongkok cukup keras kepada Australia terkait Hongkong.

Otoritas Tiongkok mengatakan pihaknya menyesalkan dan menentang tuduhan dan tindakan tidak berdasar dari pemerintah Australia terkait Hongkong.

Tiongkok memperingatkan dan mendesak Australia untuk berhenti mencampuri urusan Tiongkok dan Hongkong.

“Kami mendesak pihak Australia untuk segera berhenti mencampuri urusan Hongkong dan urusan dalam negeri Tiongkok dengan dalih apa pun atau dengan cara apa pun. Kalau tidak, hal itu tidak akan menghasilkan apa-apa selain mengangkat batu hanya untuk menimpa kaki (Australia) sendiri,” kata Kedutaan Besar Tiongkok di Australia dalam sebuah pernyataan tanpa menyebut nama juru bicaranya seperti dilansir Reuters.

Seperti diketahui, Pemerintah Australia pada Kamis (9/7) mengatakan bahwa pihaknya menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hongkong sebagai tanggapan atas UU Keamanan Nasional baru yang diberlakukan Tiongkok di kota tersebut. 

Australia juga mengumumkan langkah-langkah untuk memberikan kesempatan untuk mendapatkan izin tinggal permanen bagi sejumlah penduduk Hongkong.

Menanggapi hal itu, Tiongkok memperingatkan bahwa pihaknya memiliki hak untuk mengambil tindakan lebih lanjut sebagai tanggapan terhadap Australia yang menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hongkong. 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers harian mendesak Australia untuk mengubah sikap dan berhenti mencampuri urusan Tiongkok.

Editor : Edy Pramana
Reporter : Antara

Post a Comment

0 Comments