Warga Kelurahan Limbukan Dukung Penerapan New Normal di Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM  
Payakumbuh, ---- Sekitar 4000-an warga kelurahan Limbukan nyatakan siap mensukseskan dan mendukung penerapan New Normal di Kota Payakumbuh, usai berakhirnya PSBB tahap III tanggal 7 Juni 2020, mendatang. 

Dukungan tersebut diungkapkan warga setempat melalui gruop WA warga Limbukan yang difasilitasi Lurah Firdaus Sawir, bersama perangkat kelurahan dan tokoh masyarakat Limbukan. 

"Warga sudah rindu dengan kondisi sebelum pandemi corona. Kerinduan itu diungkap warga di WAG warga Limbukan. Tentunya Kami berharap  dukungan tersebut dibuktikan dengan aksi nyata. Melalui sikap dan perbuatan yang mencerminkan kedisiplinan mematuhi himbauan pemerintah dan ulama dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona,"terang Lurah Limbukan Firdaus Sawir kepada Impiannews.com, Senin (01/06/2020) siang di Posko mandiri. 

Dengan sepenuh hati, Firdaus sampaikan rasa syukur. Hingga awal Juni 2020, belum ada warga Limbukan yang positif corona. 

"Di Limbukan ada 3 Posko mandiri, di perumnas Kubang Gajah, di Luruang dan arah Padang Jariang. Alhamdulillah, peralatan dan perlengkapan Posko mandiri, cukup memadai. Karena Limbukan berbatasan labgsung dengan kecamatan Situjuah Limo Nagari kabupaten Lima Puluh Kota. Kita juga berkoordinasi dengan kecamatan tersebut, agar bekerjasama dalam hal memutus mata rantai penyebaran virus, ini. Selain itu, komunikasi dan informasi terkait covid19 juga tampak dilakukan warga secara proaktif di WAG. Sebelumnya, ada sekitar 50-60 warga Limbukan berstatus ODP. Dan seminggu yang lalu, semua telah selesai menjalani isolasi mandiri. Dengan zero covid19, warga Limbukan siap mendukung penerapan New Normal di Kota Payakumbuh,"ujar Firdaus Sawir. 

"Kami berharap kiranya warga meningkat kesadaran. Karena sudah terbiasa menjalani aturan PSBB dan protokol keseharian, kiranya kedisiplinan itu meningkat di tahapan New Normal, nantinya. Tetap membiasakan #memakaimasker, #rajincucitangan, #socialand physicaldistancing, #meningkatkanPHBS, serta #meningkatkanrasasyukur. Semoga pandemi corona segera berlalu, dan kita back to normal,"ajak Lurah Firdaus Sawir. 

Terkait bantuan terhadap warga terdampak corona, Firdaus Sawir menyebut bahwa untuk BLT dari Kemensos sudah diterima warga. Pihak kelurahan saat ini telah mengusulkan bantuan dari provinsi dan Pemko Payakumbuh. Proses verifikasi dan validasi pun sudah dilakukan bersama pemerintah di kecamatan Payakumbuh Selatan. 

"Alhamdulillah, sebanyak 63 warga kita sudah menerima BLT Kemensos. Saat ini kita sudah usulkan 22 nama calon penerima bantuan dari provinsi. Adapun untuk bantuan di tingkat Kota Payakumbuh, kita sudah berada di tahapan verifikasi data. Insyaallah, hingga saat ini tidak ada masalah, "pungkas Firdaus Sawir.

Mulia Raja, salah seorang warga setempat, kepada media, di kawasan Perumnas Kubang Gajah,   menerangkan, dengan adanya perpanjangan PSBB, kedisiplinan mengikuti Protokoler kesehatan Perlu ditingkatkan Menuju New Normal.

Posko Covid19 RW 03 Limbukan tetap melakukan penjagaan di posko guna melakukan Pengawasan dan pendataan, penyemprotan kendraan serta kewajiban mencuci tangan  setiap tamu yang masuk baik siang maupun malam. Sehingga Perumnas Kubang Gajah selalu steril dari wabah virus Corona. Hal ini dilakukan sampai pemerintah menyatakan 0 Covid19, dan masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan lancar,"terangnya.(014)

Post a Comment

0 Comments