Wako Riza Falepi Buka Turnamen Gateball HUT Kodam I/BB Ke 70

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Wali Kota Riza Falepi membuka Tournament Gateball dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam I/BB ke-70 yang digelar di Komplek Kampus Unand II Payakumbuh, Senin (15/6).

Kegiatan itu dimulai dengan upacara pembukaan bersama Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe, Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, Kapolres Kabupaten Limapuluh Kota AKBP Sri Wibowo, dan Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus.

Riza Falepi dalam amanatnya berpesan agar pelaksanaan turnamen ini mematuhi aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Riza juga mengungkapkan rasa bangga dengan Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe yang tetap membudayakan olahraga di tengah masyarakat.

'"Semoga olahraga Gateball dapat berkembang dan populer di Payakumbuh,  sehingga nantinya menghasilkan atlet untuk bertanding di tingkat nasional dan internasional. Kemudian dengan HUT yang ke 70 ini, semoga Kodam I/BB semaikin jaya mengabdi kepada bangsa dan negara, serta Kodim 0306/50 Kota berjaya di Kota Payakumbuh," harapnya.

Dikatakan Dandim Letkol Ferry dalam memperingati HUT Kodam I/BB ke 70, Kodim 0306/50 Kota juga melaksanakan kegiatan lainnya, yakni bedah rumah veteran dan warga kurang mampu, serta donor darah. Ada juga pembagian sembako bagi warga terdampak Covid-19.

"Kita juga menyerahkan bantuan APD bagi istri prajurit dan puskesmas di Luak Limopuluah yang bertugas di lini depan memerangi Covid-19," kata Dandim.

Gateball disebut olahraga tanpa batas (barrier free sport) karena dapat dimainkan semua orang. Olahraga ini merupakan modifikasi permainan Croquet (permainan bola kayu) dimana menggunakan palu untuk memukul bola.

Gateball merupakan permainan cepat namun tidak ada kontak fisik antarpemain, dan memerlukan kemampuan akurasi dan perencanaan serta penerapan strategi yang sangat tinggi. Sehingga gateball dikatakan sebagai suatu ”highly dinamics strategic game“. 

Gateball dapat dimainkan oleh berbagai kalangan tanpa memandang usia atau jenis kelamin dan sampai dengan saat ini telah dimainkan oleh lebih dari 10 juta orang dari 17 negara yang tersebar di Australia, Amerika, dan Asia termasuk Indonesia. 

4 Tim Gateball yang ikut turnamen ini adalah Paliko Macan, BWS 5, Padang United, dan PUPR Provinsi Sumbar. (rel/014)

Posting Komentar

0 Komentar