Ramza Husmen Panggil Humas. Tekankan Pentingnya KIP

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh H. Ramza Husmen mendadak kumpulkan pegawai yang giat dalam poses publikasi dan pemberitaan. Kepada personil Ramza Husmen perintahkan agar kembali giat melakukan publikasi guna meningkatkan citra positif lembaga. 

Sebesar apa pun prestasi yang diraih lembaga, namun kalau alergi dengan peberitaan. Prestasi lembaga tersebut tidak dikenal. Itulah pentingnya espos ke publik. Selain itu, kontrol sosial yang diberikan media harus ditanggapi positif. Jadikan itu sebagai cambuk untuk lebih baik kedepannya. 

"Jangan alergi dengan media. Humas mesti bersahabat dengan media. Karena Humas adalah wartawan lembaga pemerintah yang ditunjuk pejabat berwenang, termasuk di jajaran Seksi Pendidikan Madrasah. Keterbukaan informasi publik (KIP) itu sangat penting, dan merupakan sebuah nilai publik kepada lembaga,"tegas Ramza Husmen, Selasa (16/06/2020). 

Dikutip dari amanat Prof. Dr. Anies Baswedan, P.hd.,  tentang proyeksi pendidikan abad 21 dalam acara diskusi dan seminar tentang pendidikan. 
Bahwa ada 3 komponen utama yang mendasar :

1. Karakter (akhlak):
a. Moral yaitu iman dan takwa, rajin ibadah dan jujur 
b. Kinerja yaitu mau bekerja keras, ulet, tangguh, tuntas, tak mudah menyerah. 

2. Kompetensi :
a. Berfikir kritis 
b. Kreatif 
c. Komunikatif 
d. Kolaboratif atau mampu dan bs bekerja sama)

3. Literasi atau keterbukaan wawasan. 
Tidak hanya bisa calistung atau baca doa tulis hitung tetap harus bisa:
a.  Literasi baca yaitu minat baca harus ada dan daya baca harus tinggi 
b. Literasi budaya 
c. Literasi teknologi
d. Literasi keuangan


"Melahirkan sebuah berita positif lembaga merupakan sebuah kompetensi literasi seorang humas. Tingkatkan SDM dan teruslah menuntut ilmu, baik secara formal dan informal. Karena ilmu humas itu banyak didapat dari lingkungan,"pesan Ramza Husmen kepada jajaran Humas. 

"Teruslah saling berbagi informasi antar humas, baik internal dan eksternal lintas sektoral terkait. Tetap utamakan citra positif lembaga, jadilah benteng lembaga. Gunakan medsos secara bijaksana,"pesan Ramza Husmen siang itu. (014)

Posting Komentar

0 Komentar