China Kerahkan Pesawat Tempur

IMPIANNEWS.COM (China).

Pesawat perang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China mendekati Taiwan, sehari setelah mereka menembakkan dua rudal di lepas pantai dalam uji coba senjata. 

Pesawat transportasi PLA Yun-8 melintasi garis tengah di Selat Taiwan melewati batas wilayah udara tidak resmi antara kedua pihak.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pihaknya telah mendeteksi manuver China tersebut dan merespons dengan menerbangkan jet tempur untuk memberikan peringatan. 

“Kami mendeteksi pesawat Komunis China Yun-8 yang terbang ke Taiwan pagi ini dan segera mengirim jet tempur kami untuk membayangi dan membubarkannya melalui peringatan radio,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Manuver ini terjadi setelah Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan, Taiwan, melakukan uji tembak dua rudal ke daerah timur Taitung dan pangkalan militer Jiupeng di daerah selatan Pingtung. 

Peluncuran ini adalah bagian dari program pengembangan rudal pulau yang memerintah sendiri tersebut untuk meningkatkan pertahanan terhadap ancaman dari China.

Badan Perikanan Taiwan mengatakan rudal lainnya akan diuji tembak dalam beberapa hari mendatang. Badan itu mengeluarkan pemberitahuan publik tentang tanggal dan lokasi uji coba rudal untuk memperingatkan para nelayan yang beroperasi di dekat area uji coba misil.

Ketegangan atas Selat Taiwan meningkat karena China, Amerika Serikat, dan Taiwan telah meningkatkan penempatan militer di wilayah tersebut. (*)

Posting Komentar

0 Komentar