10 Ribu Bibit Ikan Puyu dan Nila Ditebar Kesungai di Pulau Malvinas


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Seluas 24 Hektar hutan dikawasan Pulau Malpinas Kecamatan Nanggalo sangat menarik untuk dijadikan kawasan wisata. Baik wisata sungai dan wisata terpadu serta pembibitan. lokasinya sangat strategis, air sungainya masih hijau dan jernih. 

Untuk itu Pemerintah kota Padang sudah membuat perencanaan kawasan pulau malpinas, hanya menunggu penyempurnaan, sehingga kawasan malpinas dijadikan kawasan wisata. 

Hal ini dijelaskan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP ketika memberikan sambutan pada kegitan sekolah sungai dan susur sungai di kawasan pulau Malpinas Nanggalo, selasa 9/6/2020.

Walikota Mahyeldi mengapresiasi kegitan yang diinisiasi oleh Balai Wilayah Sungai Sumateta V (BWSSV) untuk melaksanakan suatu kegiatan Sekolah sungai dan susur sungai di kawasan hutan pulau Mapinas. 

Kegitan yang dilaksanakan BWSSV kali ini sangat tepat, melihat lokasinya sangat strategis hutannya sangat lebat, rimbun, asri udaranya sejuk. 

Sebanyak 10 ribu bibit ikan Puyu dan nila di sebar sepanjang sungai di kawasan Malpinas serta penanaman pohon durian. Mengingat manfaatnya kedepan akan dirasakan oleh masyarakat nantinya"; Sebut Mahyeldi.

Sungai salah satu sumber air pemukaan yang bernilai, penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu kita perlu mendukung pemanfaatan dan pelestarian sungai. Melalui kegitan sekolah sungai dan susur sungai dapat mendorong serta mengoptimalkan potensi yang ada dikawasan sungai Batang Kuranji Batang Belimbing di Kecamatan Nanggalo, sebut  Mahyeldi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, sungai yang ada di Sumatera Barat masih banyak yang terawat. Sungai sumber mata pencarian masyarakat. Maka oleh sebab itu mari kita jaga kelestarian sungai.

Upaya mempertahankan keberadaan dan keberlanjutan pemanfaatan sungai perlu di jaga kelestariannya. Ini merupakan salah satu amanat pokok undang-undang nomor 17 tahun 2019 tentang sumber daya air. Upaya tersebut mewujudkan kegiatan operasi pemeliharan sungai terang Nasrul Abit. 

Selanjutnya kepala  Balai Wilayah Balai Sungai Sumatera V (BWSSV) Mariadi melaporkan. Susur sungai merupakan kegiatan pengenalan sungai, serta melihat kondisi sungai, pembersihan sungai serta mengenal potensi sungai. Kegiatan susur sungai merupakan kegitan tahunan yang dilakukan Balai Wilayah Sungai Sumateta V. 

Selain itu BWS Sumatera V Melaksanakan tebar bibit benih ikan dan penanaman pohon. Kegitan ini dilaksanakan untuk mendorong masyarakat, berinisiatif serta mengoptimalkan potensi sungai sehingga menghasilkan ekonomi masyarakat itu sendiri", Ujarnya.

Turut hadir Waka Polda Sumbar; Kajati Sumbar, Buya Mashud Abidin dan beberpa OPD pemko Padang serta Camat Nanggalo Puji Astomi. (ydt)

Posting Komentar

0 Komentar