1 Warga Taeh Baruh Positif Terjangkit Covids19. Ini Langkah Wabup Ferizal Ridwan

Himbauan Wanag Taeh Baruh 
IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- DY dipanggil Alan (22), Salah seorang warga Kenagarian Taeh Baruh dinyatakan Positif terjangkit Covids19 setelah hasil swabtest yang dikeluarkan Rumah sakit di Kota Payakumbuh, beberapa waktu lalu. 

Siang Minggu, (10/05/2020) Alan yang berdomisili di Padang Tuak Gaek Jorong Kubu Gadang Kenagarian Taeh Baruh dijemput tim gugus tugas Covids19 kecamatan Payakumbuh menggunakan ambulance. Kehadiran Tim gugus tugas didampingi langsung Walinagari setempat  Hasrul Chaniago bersama Wali Jorong Agung Fernando, Bhabinkantibmas, Babinsa dan beberapa tokoh masyarakat. Penjemputan Alan sempat menjadi perhatian warga Taeh Baruh. Bahkan sempat viral di media sosial. 

Menurut keterangan Walinagari Taeh Baruh, Hasrul Chaniago, bahwa Alan tergabung pada cluster toko Yen Plastik. Berhubung Alan bekerja di salah satu toko disebelah toko Yen Plastik. Berdasarkan hasil tracking Pemko Payakumbuh terhadap karyawan toko Yen Plastik, Alan yang bekerja di sebelah toko tersebut ikut dalam swabtest. Alan dinyatakan positif Covids19. Namun hasil tersebut masih berada pada tim gugus tugas Pemko Payakumbuh. 

Terima kasih kepada pihak keluarga Alan, yang begitu kooperatif. Demikian juga dengan Alan. Dirinya ikut saja perintah tim gugus tugas, yang menjemputnya. Informasi dari tim, Alan sementara akan menjalani isolasi di seputaran Padang Besi di Padang. Meski pihak keluarga Pida (Ibu Alan) meminta agar Alan diisolasi di Baso saja. Namun Tim gugus tugas pemprov Sumbar telah memutuskan Alan akan diisolasi di Padang. Alhamdulillah, pihak keluarga menuruti saja, tiada bantahan,"terang Hasrul Chaniago. 

Disamping telah mengeluarkan surat resmi kepada warga yang sempat kontak dengan Alan, agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Dan tidak keluar rumah hingga tuntas. Surat resmi tersebut telah ditempel di fasilitas umum di Taeh Baruh. Hasrul Chaniago juga menghimbau agar warga Taeh Baruh agar mematuhi aturan PSBB, yang saat ini sudah diperpanjang. Tim gugus tugas bakal tindak tegas warga yang melanggar. 

Diterangkan Hasrul, ada 4 pemuda Taeh Baruh yang terjaring razia oleh Tim gugus tugas karena melanggar aturan PSBB. Sebelum Shubuh, warga tersebut sudah dipulangkan usai menandatangani surat pernyataan bersama orang tuanya. 

"Mari kita selalu patuhi aturan PSBB. Warga wajib pakai masker dimanapun berada. Mohon itu dipatuhi. Insyaallah, dalam waktu dekat kita akan gelar penyemprotan desinfektan. Meski seputaran rumah Alan sudah disemprot tadi. Terima kasih kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Lima Puluh Kota melalui Wabup yang ikut hadir saat penjemputan Alan di rumahnya. Terima kasih kepada semua pihak, "pungkasnya. 

Terpisah, Wakil Bupati Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan saat dihubungi Impiannews.com menjelaskan bahwa penderita corona pandemi, bukan aib. Termasuk keluarga Alan. Wabup berharap agar warga perhatian terhadap keluarga Alan selama isolasi mandiri.

"SALAM KEMANUSIAAN. Berikut penjelasan wabup Ferizal Ridwan terkait dengan covid-19. Sebagaimana yang telah disebutkan, bahwa warga Lima Puluh Kota (berKTP kabupaten 50 Kota)  yang dinyatakan positif sebanyak 5 orang, dengan rinciaan sebagai berikut:

  1. Y (Manggilang - hasil rujukan RS Ahmad Darwis)
  2. E (Kec. Guguak - hasil rujukan RS Ahmad Darwis)
  3. I   (Kec. Guguak - rujukan Pemko Payakumbuh)
  4. K  (penjual rokok di Kota Payakumbuh (Rujukan Pemko Payakumbuh)
  5. D  (Taeh Baruh - Kecamatan Payakumbuh, Rujukan Pemko Payakumbuh)

"Karena hasil swabtest ananda 'DY' berada di Tim gugus tugas Pemko Payakumbuh, Kita bakal koordinasi dengan Pemko Payakumbuh, secepatnya. Tim gugus tugas Covids19 Kabupaten Lima Puluh Kota bakal tracking di Taeh Baruh. Selain itu,  Kita sudah tegaskan bahwa setiap derita warga, pemerintah harus hadir ditengah warga. Tadi kita sudah tinggalkan sembako untuk keluarga Alan, dan untuk tetangga Alan. Kita juga telah instruksikan kepada Walinagari Taeh Baruh dan perangkat agar membantu pemenuhan kebutuhan hidup keluarga Alan. Secepatnya, kita akan koordinasikan hasil swabtest Alan dengan Pemko Payakumbuh. Kita tunggu surat resmi,"terang Ferizal Ridwan yang masih sibuk di lapangan meninjau dan memberikan edukasi kepada keluarga yang terdata terjangkit covids19.(014)

Post a Comment

0 Comments