Vaksin Corona Akan Diuji Coba Untuk Pertama Kali


IMPIANNEWS.COM  - Selama ini kita hanya bisa berdiam diri di rumah sambil harap-harap cemas kapan pandemi corona atau Covid-19 akan berakhir.
Namun, sepertinya kita dapat sedikit lebih tenang.

Pasalnya, Universitas Oxford dikabarkan akan melakukan uji coba vaksin corona untuk pertama kalinya pada esok hari, Kamis (23/04/2020).

Melansir dari Independent.co.uk, hal ini dikabarkan oleh sekretaris kesehatan Universitas Oxford, Matt Hancock, dalam sebuah konferensi pers dengan berita harian lokal.

Dikatakan Hancock saat itu, penelitian ini telah mendapatkan suntikan dana dari pemerintah sebesar 20 juta poundsterling atau sekitar Rp 384 milyar.

Sehingga ketika berhasil nanti, setidaknya akan ada jutaan dosis vaksin yang siap digunakan pada awal September tahun ini.

Karena seperti yang kita tahu, virus Covid-19 yang mewabah di seluruh penjuru dunia telah mengakibatkan lebih 175 ribu orang meninggal dan banyak sektor perekonomian yang mati.

Di Inggris sendiri, jumlah kematian karena Covid-19 sendiri sudah mencapai lebih dari 17 ribu kasus.

Lebih lanjut, seorang anggota tim Oxford Prof. Andrew Pollard mengatakan, ini adalah sebuah projek keberlanjutan bagi pihaknya karena beberapa tahun memang sedang meneliri wabah SARS dan Mers.

"Ketika virus Covid-19 ini muncul, sudah ada penelitian di Oxford tentang Mers dan sebuah vaksin yang sedang diuji coba kepada manusia,"

"Kode genetik virus Covid-19 yang baru ditemukan pada Januari dapat mengacu pada penelitian sebelumnya sehingga pembuatan vaksin akan lebih cepat," katanya.

Meski tidak bisa menjamin keberhasilannya, namun Prof. Pollard meyakini uji coba ini perlu dilakukan untuk meneliti seberapa besar kemungkinan yang akan diperoleh.

"Tidak ada yang bisa dipastikan dalam proses uji coba ini. Pengembangan vaksin memerlukan beberapa kali tahap uji coba karena seperti itulah bagaimana vaksin yang sempurna tercipta," ujarnya.

Mari kita berdoa dan berharap yang terbaik! ,(***

Post a Comment

0 Comments