Warga OTS Eksekusi Reruntuhan Riol Penyebab Banjir

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Menindaklanjuti surat undangan goro dari Lurah Ompang Tanah Sirah, warga RT IV Balai Betung kelurahan Ompang Tanah Sirah kecamatan Payakumbuh Utara melaksanakan gotong royong di lingkungan RT setempat.

Selain pembersihan lingkungan rumah warga, kaum Bapak memusatkan goro di jalur Balai Betung arah ke Padang Rantang. Dimana di lokasi ini merupakan lokasi terrawan banjir. Dikarenakan di jalur tersebut terjadi penyumbatan riol sepanjang 25 meter. Riol yang dibangun dengan dana negara tersebut runtuh sekitar 2 tahun lalu. Dari informasi warga, Runtuhnya riol ini diduga akibat truk pembawa pakan ayam yang kerap melewati jalur ini. 

Dengan tenaga ekstra dan peralatan seadanya, warga mengeksekusi reruntuhan riol yang menyumbat saluran air ini. Bungkahan coran dan batuan bercampur endapan tanah dikeluarkan dari selokan. 

"Selama ini Riol kita tersumbat oleh reruntuhan riol ini. Selain itu, ada 2 rumpun tebu telah tumbuh didalam saluran air ini,"terang Ketua RT IV Riswan Efendi didampingi mantan RT Zul Novri, Kamis (27/02/2020) di lokasi goro.

"Kondisi ini sebelumnya sudah kita laporkan pada Lurah sebelumnya. Dan baru hari ini ditindaklanjuti. Bahkan runtuhnya riol ini sudah kita usulkan dalam musrenbang. RT IV ini tergolong rendah dan kerap terjadi genangan air kala hujan. Terima kasih kepada warga yang telah berpartisipasi, "ulas Ketua RT.

Lurah OTS Isral yang ikut mendampingi warga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kepedulian warga. 

"Ini lingkungan kita dan kita berkewajiban menjaganya. Lingkungan bersih berdampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan warga. Ada 3 RT yang kita gorokan hari ini di OTS. Terima kasih juga kepada Persatuan Bentor kecamatan Payakumbuh Utara atas partisipasi dalam membantu warga,"singkat Lurah.

Ikut hadir dalam goro lingkungan pagi jelang siang ini, Bhabinkantibmas dan Babinsa kelurahan Ompang Tanah Sirah.(014)

Post a Comment

0 Comments