STAIDA PAYAKUMBUH GELAR SEMINAR PENGKAJIAN AL QURAN

IMPIANNEWS.COM
PAYAKUMBUH, --- Pembukaan perkuliahan semester genap tahun akademik 2019/2020, STAIDA Payakumbuh pada Sabtu (15/2/2020) kembali menggelar seminar. 

Seminar yang berlangsung di aula SKB tersebut dihadiri oleh Walikota Payakumbuh diwakili oleh Kabid PAUD Dinas Pendidikan Irwanto Dt. Parmato Dirajo, Ketua Yayasan Darul Furqon Devitra, S.Sos, M.Si, Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA dan para undangan lainnya.

Tampil sebagai pembicara dalam seminar ini adalah DR. Zulkifli, MA dengan tema pengkajian Al Qur'an berbasis kutub Al turats.

Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad deski, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa STAIDA Payakumbuh yang memiliki dua prodi yaitu prodi ilmu Al-Qur'an dan Tafsir serta prodi pendidikan Bahasa Arab memiliki peran penting dalam mengembangkan kajian kitab turats guna meningkatkan pemahaman peserta seminar terhadap Al Qur'an dan kajian keislaman lainnya. 

"Semoga melalui seminar ini kita bisa kembali tergugah untuk merujuk kitab turats dalam kajian Al Qur'an dan keislaman lainnya".Harapnya.

Ketua Yayasan Darul Furqon, Devitra, M.Si menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada STAIDA Payakumbuh yang selalu melakukan inovasi untuk mengembangkan kampus kita ini. 

"Apapun kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan, dosen dan mahasiswa selalu kita dukung, termasuk kegiatan seminar ini. semoga melalui seminar ini, setelah ini kegiatan kegiatan yang lain".papar Devitra. 

Walikota Payakumbuh melalui Kabid PAUD Dinas Pendidikan Irwanto Dt. Parmato Dirajo menyampaikan selamat kepada seluruh civitas akademika STAIDA Payakumbuh atas terselenggaranya kegiatan seminar ini. 

"Ini adalah kegiatan yang penting untuk menambah pemahaman kita terhadap kitab turats, sehingga pemahaman kita terhadap Al Qur'an dan agama tidak menyimpang,"ingin Kabid Paud. 

Kesempatan itu, Irwanto Dt. Parmato Dirajo juga menyampaikan kabar gembira untuk civitas STAIDA Payakumbuh. 

"Alhamdulillah DPRD Kota Payakumbuh sudah menyetujui hibah tanah dan bangunan  eks. SMA 5 untuk STAIDA Payakumbuh. Dalam waktu dekat proses serah terima dari Pemko Payakumbuh ke STAIDA Payakumbuh akan dilaksanakan."Jelasnya.

Kegiatan seminar yang berlangsung sampai Zuhur tersebut berlangsung hangat dan banyak muncul pertanyaan dari peserta. Diantara  isu yang muncul saat diskusi  adalah pemahaman terhadap bid'ah dan muncull terjemah Al Qur'an yang berbeda dengan yang biasa di baca. 

Seperti terjemah surat Al maidah ayat 51 terutama kata Auliya dengan arti teman setia. Dr. Zulkifli sebagai narasumber menjawab setiap pertanyaan dengan argumentasi dan dalil yang bisa diterima oleh semua peserta seminar.

Kegiatan seminar berlangsung sukses dan diikuti oleh peserta dengan antusias. (014)

Post a Comment

0 Comments