Ajarkan Solidaritas, Kepedulian, dan Integritas, SMK SMAK Padang Selenggarakan Kemah Bakti Siswa

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Sebanyak 502 siswa SMK SMAK Padang melaksanakan Kemah Bakti Siswa (KBS) di Tiger Camp Balai Gadang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari (16, 17 dan 18 Desember 2019) di bawah bimbingan 52  guru. 

Kepala SMAK Padang, Drs. Nasir dalam acara pembukaan menyampaikan, kegiatan ini bagian dari upaya pembentukan karakter siswa. Mereka mendapatkan pengalaman baru. Di sini mereka belajar tentang kemandirian, kedisiplinan, kekompakan, solidaritas dan kerjasama. 

"Melalui rangkaian kegiatan KBS ini, siswa akan diberikan berbagai bentuk permainan. Tujuannya, memotivasi dan memberikan pengalaman dalam rangka pembentukan karakter siswa yang mandiri, peduli lingkungan dan sekitar serta berdisiplin, " kata Nasir. 

Lebih lanjut Nasir mengulas, sebagai sekolah pendidikan vokasi di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMl) Kementerian Perindustrian, siswa SMK SMAK Padang dipersiapkan menjadi SDM industri yang unggul. Untuk itu, diperlukan kedisiplinan dan memiliki integritas serta memiliki semangat kerjasama dalam tim.

"Siswa SMAK Padang melahirkan analis yang diharapkan sebagai SDM industri yang unggul.  Kedisiplinan dan integritas untuk bekerja dalam tim sangat diperlukan, " ulas Nasir. 

Selain itu,  Nasir menjelaskan latar belakang pelaksanaan kegiatan KBS. Dikatakan, KBS didasari dengan diberlakukannya UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Ditambah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

"KBS menguatkan dalam pembinaan kepramukaan di satuan pendidikan, baik pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Seperti diamanahkan Permen Dikbud No. 63 Tahun 2014, pendidikan keparamukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia," jelas Nasir. 

Sementara itu Ketua Pelaksana Program KBS SMK SMAK Padang, Eli Gusti mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun diikuti seluruh siswa dari kelas X sampai XII. Diikuti juga oleh guru pembimbing atau pembina pramuka yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah. 

"KBS SMK SMAK Padang tahun ini diikuti 502 siswa dengan 52 guru pembimbing. Dilaksanakan tiga hari mulai tanggal 16 hingga penutupan pada 18 Desember," kata Eli Gusti. 

Ia menambahkan, rangkaian kegiatan KBS diisi dengan permainan berupa tantangan bagi siswa, api unggun serta renungan. 

"Selain itu, ada pembinaan keterampilan kepramukaan untuk siswa yang bertujuan meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan motivasi belajar," tambahnya.(ydt)