PANGKALAN UTAMA TNI AL II PADANG MEMPERINGATI HARI ARMADA

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pangkalan Utama TNI AL II Padang atau Lantamal II Padang memperingati hari Armada tepatnya pada tanggal 5 Desember 2019. Wakil Komandan Lantamal II Padang, Kolonel Marinir Wurjanto. M. Han., sebagai inspektur upacara pada pelaksanaanya. Upacara yang dihadiri Asisten, Kasatker, deputasi Perwira Menengah melibatkan satuan musik Lantamal II Padang, Peleton Pama, Peleton Pomal, Peleton Bintara Tamtama Lantamal dan Personil dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan Lantamal II Padang serta PNS Lantamal. 

Upacara yang dilaksanakan di 
Lapangan Apel Markas Komando Lantamal II jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur Padang ini. di Komandani Mayor Laut (P) Yusrinaldi yang sehari hari menjabat sebagai Kepala Seksi Operasi Komunikasi Lantamal II Padang.

Dalam Amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal II Padang,  Kolonel Marinir Wirjanto. M. Han., mengatakan momen yang hikmat ini harus dimaknai sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Komando Armada RI hingga saat ini masih menjadi pilar TNI Angkatan Laut dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut.

Hal ini juga menjadi momentum bagi prajurit matra laut untuk menghargai nilai heroisme dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, Kamis (5/12).

Dengan demikian, kita selaku generasi penerus prajurit Jalasena, harus mampu untuk meneruskan dan memegang teguh amanah pendahulu kita dalam melindungi segenap bangsa serta mengatasi berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujar Wadan Lantamal II membacakan Amanat KASAL.

Lebih lanjut KASAL mengatakan,  mencermati perkembangan lingkungan strategis dalam kurun waktu belakangan ini, maka harus dipahami bahwa segala sesuatu yang terjadi saat ini semakin sulit untuk diprediksi. Dinamika keamanan di tingkat global dan regional begitu cepat berubah, tidak menentu dan dinamis telah menjadi faktor utama terbentuknya kompleksitas ancaman keamanan, baik dalam bentuk nyata maupun tidak nyata yang membutuhkan kesigapan kita dalam menghadapi semua ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

“Munculnya berbagai ancaman berdimensi baru yang bersifat hibrida berupa kombinasi antara ancaman konvensional dengan aksi kriminal, serangan asimetrik dan serangan siber harus dapat diantisipasi dan dihadapi oleh seluruh jajaran Angkatan Laut termasuk Armada RI, ujar Kolonel Marinir Wurjanto mengutip amanat KASAL.

Dispen Lantamal II Padang.