Ma'ruf Amin Meminta ICMI Membantu Pemerintah Menangkal Radikalisme.

IMPIANNEWS.COM (Padang)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin lakukan kunjungan kerja di Padang sumatera barat, untuk hadiri Silaknas dan HUT ICMI ke-29.Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka langsung Silaknas Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jumat 6 Desember 2019 di Auditorium UNP Sumatera Barat. 

Dalam acara ini, Ma'ruf Amin meminta ICMI membantu pemerintah menangkal radikalisme. Silaknas ICMI diberi tema 'Penguatan Nasionalisme dan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas (2045).' Ma'ruf Amin mengatakan, tema Silaknas yang diselenggarakan ini, sesuai dengan rencana pemerintah mencegah radikalisme. 

Melalui Silaknas ini saya harapkan agar ICMI dapat bersama-sama memperkuat sifat nasionalisme untuk memperkokoh umat dalam menghadapi tantangan radikalisme," ucap Ma'ruf. 

Tema Silaknas kali ini yang juga mengangkat isu nasionalisme yang menurut saya sangat penting dalam menangkal sikap intoleran dan radikalisme. 

Selama ini berbagai narasi yang bersifat radikal selalu menantang gagasan nasionalisme," ungkapnya. Lebih lanjut wapres memaparkan, saat ini, ada sejumlah pihak yang sengaja memanfaatkan atribut dan simbol islam dalam menyebarkan paham radikal.

Tantangan besar lainnya yang sedang kita hadapi sekarang ini adalah, maraknya penyebaran paham-paham radikal. Sangat kita sayangkan penyebaran paham-paham radikal ini, banyak memanfaatkan atribut dan simbol-simbol Islam," ujar nya. 

Hanya Keberhasilan masyarakatlah memerangi radikalisme sangat ditentukan oleh sikap umat menghindari cara berpikir radikal dan intoleran.  

Saya menilai butuh banyak narasi kerukunan dan toleransi yang diajarkan kepada masyarakat Kita, dan perlu meningkatkan komunitas masyarakat dari pikiran radikal dengan lebih banyak memasukkan lebih banyak narasi tentang kerukunan, toleransi, sikap cinta kepada sesama, nasionalisme, patriotisme dan bela negara," katanya.

Selain memberi sambutan, Ma'ruf Amin juga mendapat mandat untuk Ketua Dewan Penasihat ICMI. Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie, meminta langsung kepada Ma'ruf Amin lantaran Ketua Dewan Penasihat sebelumnya, Jusuf Kalla, mengisi posisi Ketua Dewan Kehormatan ICMI. 

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof Jimly Asshiddiqie di Padang memberikan penghargaan kepada Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai bapak teknologi dan demokrasi Indonesia yang diserahkan kepada perwakilan keluarga almarhum BJ Habibie. 

Jimly Asshidiqie mengatakan penghargaan tersebut tulus diberikan kepada BJ Habibie sebagai bapak teknologi dan demokrasi Indonesia. BJ Habibie merupakan salah seorang yang berjasa mendirikan ICMI dan merupakan ketua umum pertama ICMI yang berdiri pada 1990an.(Ay)

Post a Comment

0 Comments