Muhammad Al Zikri Diamanahi Manager Koperasi Syariah Sang Surya

Muhammad Al Zikri foto bersama DPPP Muhammadiyah Drs. H. A. Dahlan Rais M.Hum, PWM Sumatera Barat Dr. Syofwan Karim, Bupati Kab. Lima Puluh Kota Ir. Ifendi Arbi MT. Ketua PDM Kab. Lima Puluh Kota DR. Afifi Fauzi Abbas M.A, Ketua PDA, Ir. Nurmis Murdiati MT
IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Muhammad Al Zikri, putra pasangan Khairul Fuadi dan Ira dari kenagarian Taeh Baruh ditantang oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lima Puluh Kota, Afifi Fauzi Abas melalui bidang Majlis Ekonomi dan Kewirausahaan untuk memimpin sebuah Koperasi Syariah yang dinamai "Sang Surya."

Menjawab tantangan tersebut, pria beranak satu kelahiran Taeh Baruh 10 Februari 1994 ini berupaya memikirkan dan membuat  suatu lembaga keuangan syariah. Pria yang akrab disapa Zikri kemudian mencoba merancang dan memikirkan demi terwujudnya tantangan PDM guna meningkatkan kesejahteraan anggota sesuai syariat islam.

Akhirnya, tepat pada tangal 25 Agustus 2019 koperasi syariah Sang Surya pun diresmikan oleh DPP Muhammadiyah Pusat melalui Ketua Pengurus Harian Ahmad Dahlan Rais bersama Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat oleh Syofwan Karim. 

Peresmian tersebut disaksikan langsung Ketua PDM Limapupuh Kota bersama pengurus dan ratusan kader Muhammadiyah Kabupaten Limapuluh Kota yang ikut hadir dalam.peringatan Milad Muhammadiyah Ke 110 yang dipusatkan di halaman SD Muhammadiyah Fullday pada hari yang sama

Dalam sambutannya singkatnya, Bupati Irfendi Arbi sampaikan rasa apresiasi. Dirinya menyebutkan bahwa program PDM Limapuluh Kota sangat linear dengan tusi beberapa OPD dan serta mampu mendukung pembangunan keagamaan dan pendidikan di Limapuluh Kota.

"Pemkab Limapuluh Kota sangat peduli pendidikan dan keagamaan. Contohnya, penganggaran dana untuk keagamaan, Kita bantu. Bahkan garim mesjid dan guru mengaji, kami bantu. Apalagi untuk pembangunan gedung SD Muhammadiyah Fullday. Silahkan bangun dulu koperasi kita ini dengan managerial yang profesional, sehingga bisa bersinergi dengan OPD terkait. Apalagi koperasi kita mengedepankan keberkahan dan mengharapkan ridho Allah,"sebut Irfendi Arbi.

Apresiasi senada juga disampaikan Pengurus Harian DPP Muhammadiyah Pusat. "Hebat. PDM Limapuluh Kota sudah mampu melahirkan koperasi syariah sang surya,"apresiasinya.

Lebih khusus, media impiannews.com mencoba mewawancarai pria muda jebolan Fakultas Syariah IAIN Batusangkar yang kini diamanahi Manager Koperasi Syariah Sang Surya Muhammadiyah yang berkantor di di Jalan Prof. Dr Hamka Km. 9 Kenagarian Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota, ini.

"Dan sudah genap 1 tahun koperasi berdiri sampai sekarang. Walupun diawal terseok-seok untuk bangun. Tapi berkat kerjasama Muhammadiyah dan Aisyiah Kabupaten Lima Puluh Kota, akhirnya terwujud juga dan mempunyai kantor sendiri walaupun masih numpang. Tapi Zikri sebagai manager koperasi syariah Sang Surya yakin, koperasi syariah ini akan punya gedung sendiri dan berkembang pesat nantinya,"sebut Zikri optimis.

Dikatakan Zikri, bahwa Koperasi Syariah sang surya mempunyai produk antara lain, Pembiayaan, Murabahah, Modal Kerja, Qardu Hasan, Simpanan Emas, Simpanan Pelajar, simpanan Qurban, simpanan untuk Idul Fitri, simpanan  Aqiqah dan simpanan Umrah dengan motto melayani setulus hati. 

Koperasi syariah Sang Surya Muhammadiyah memiliki Visi : Menjadikan Koperasi Syariah Sang Surya yang berkarakter dan terdepan dalam mensejahterakan umat. 

Dan memiliki Misi sebagai berikut :
1. Mengelola Koperasi Syariah Sang Surya  secara moderen profesional sesuai dengan prinsip syariah dan jati diri Koperasi 
2. Memberikan Pelayanan CERMAT (Cepat, Ramah, Amanah, Tepat ) 
3. Memilki sistem UMAT Teruji, Manajeral, Akurat, Tepat, Berbasis IT
4. Membentuk sumber daya Insani yang sejahtera  (Shidig, Berkemajuan, Akhlak Mulia, Tanguh dan kopeten di bidangnya
5. Mewujudkan pelaksanaan operasional Koperasi Syariah Sang Surya sesuai Fatwa Dewan Syariah

"Mohon doa dan dukungan,"pungkasnya.(ul)



Post a Comment

0 Comments