Masyarakat Rindukan KKN-PPM UIN IB.

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB) - Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc, MA melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Sungai Nyalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (18/8). 

Rektor yang didampingi Wakil Rektor II - Dr. H. Firdaus, M. Ag menyampaikan agar mahasiswa menimba pengalaman sebanyak-banyaknya berbaur bersama-sama dengan masyarakat untuk mengatasi berbagai persoalan sosial. 

Khusus Nagari Sungai Nyalo adalah merupakan Nagari Mitra UIN Imam Bonjol Padang yang harus kita support bagaimana mengembangkan wisata syariah. Karena program wisata akan banyak menghadapi berbagai permasalahan sosial.

 Masyarakat harus kita motivasi untuk memupuk kearifan lokal, budaya, dan ajaran agama sehingga pengunjung (wisatawan) baik lokal maupun mancanegara dapat menyesuaikan dengan kearifan lokal di nagari setempat. 

Harapan kita tidak terjadi "jalan dialiah urang lalu, cupak dialiah urang panggaleh". Tukuk rektor alumni Mesir dan Maroko ini.
KKN Kp. Anau Nagari Ladang Panjang Kabupaten Pasaman.

Sementara itu Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN IB Drs. H. Masrial, MA berkunjung ke Kabupaten Pasaman. Di Kampuang Anau Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari, Masrial yang didampingi oleh Ketua Panitia KKN-PPM Drs.Saharman, M. Ag menyampaikan arahan di hadapan mahasiswa agar pandai-pandai dengan tokoh masyaakat, Niniak Mamak, pemuda dan warga.

Kita sdh siapkan kader Rumah Tahfiz utk mempersiapkan peserta MTQ, sosialisasi anti narkoba bersama Pemerintah Kecamatan Tigo Nagari dan Pemerintah Nagari Ladang Panjang yang diikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari SLTP dan SLTA sederajat. Kata ketua KKN  kelompok Nagari Ladang Panjang.

Kelompok Nagari Alahan Mati Kec. Simpang Alahan Mati
Badi Putra mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah Fakultas FDIK-Ketua Kelompok Nagari Alahan Mati mengatakan; kami telah melakukan Standarisasi dan pemerataan kurikulum TPA, melatih dan mempersiapkan lomba DDS, merintis Rumah Tahfiz, DDS Gabungan, Tabligh Akbar, memeriahkan 17 Agustus, Volley, merintis wirid pengajian, dan pelatihan sholat jenazah.

Masyarakatnya sangat ramah dan responsif. Bahkan tidak jarang mahasiswa KKN mendapat makanan dari masyarakat setempat. Masyarakat merasa sangat cicok dengan adanya mahasiswa UIN IB yang melaksanakan KKN di Nagari Alahan Mati.
Nagari Panti Selatan Kab. Pasaman

Pembinaan Didikan Shubuh, TPA/MDA, pendataan stunting, pendataan keluarga miskin, pembinaan remaja masjid, wirid pengajian, menjadi khatib Jumat, khatib Hari Raya Idul Adha, penyuluhan anti narkoba, sosialisasi bijak dalam penggunaan gadjet dan media sosial,
Jorong Lundar Nagari Panti Timur Kab. Pasaman.

Muhammad Ihsan-Ketua Kelompok KKN Jorong Lundar Nagari Panti Timur Kec. Panti Kab. Pasaman (mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah Fakultas FDIK): Persiapan MTQ, pembinaan TPA/TPQ setelah Sholat Ashar,9 kami walau KKN sudah selesai. Dan jangan lupa, tahun depan tempatkan lagi anak-anak KKN di rumah kami kata Ibu RT ini dengan lirih. 

Perjalanan monev dilanjutkan tim ke Nagari Cubadak dan Nagari Simpang Tonang Kecamatan Dua Koto, nagari yang  terkenal dengan saiyo sakato, mastarakatnya ramah dan agamis.

Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia adalah nagari yg umurnya masih muda dibandingkan nagar2 di Minangkabau. Ini peluang untuk mengukuhkan nilai2 budaya dan agama yg saling menguatkan. 

Upaya ini perlu berkelanjutan. Jangan sampai kegiatan sosial keagamaan hanya semarak ketika ada kegiatan KKN UIN ke sana. Oleh karena itu, perlu perhatian dan dukungan serius dari pemerintah kabupaten agar menempatkan para penyuluh dan penggerak nagari di daerah tersebut.

H. Arba'in Husein, BA Dt. Langkah Bosa Ninik Mamak Lunda yang juga alumni Fakultas Tarbiyah IAIN IB Padang seangkatan dengan Prof. Dr. H. Syafruddin Nurdin-mengungkapkan bahwa masyarakat Lundar sngat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN IAIN IB. Bahkan kalau bisa waktu KKN ini ditambah, sehingga anak2 ini masih bisa bersama kami kata Niniak Mamak yang ramah ini sambil berseloroh. (ay)