Kader kelompok BKB dan koordinator PKB tingkat Kota diberikan keterampilan.

IMPIANNEWS.COM (PADANG). 

Peran keluarga atau orang tua untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangan secara optimal sangat penting. Masa dibawah 2 tahun atau 1000 hari pertama kehidupan merupakan priode sangat dinamis, dimana terjadi banyak perubahan besar pada anak. Namun setiap anak memiliki kecepatan sediri -sendiri dalam pertumbuhan dan perkembangan. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mengenal pertumbuhan dan perkembangan anak.kata Heryanto Rustam kepala Dinas pemberdayan perempuan pelindungan anak, pengendalian pendudk dan keluarga berencana (DP3AP2KB) kota Padang di Axana Hotel kamis 15/8/2019.

Selain itu," oang tua memiliki peran strategis dalam mendidik dan membantu pertumbuhan perkembangan anak secara optimal. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua memenuhi kebutuhan anak memberikan makanan yang bergizi, ASI ekslusif, makanan pendamping seperti ASI usia 6 bulan serta menyusui sampai 2 tahun.

Peran orang tua tidak saja memberikan ASI ketika anaknya lahir namun yang paling penting menjaga kesehatan anak. Berinteraksi dengan anak penuh kasih sayang berbagai kegiatan sesuai dengan usia anak. Disamping itu peran orang tua selalu memberikan belaian, senyum, dekapan dan bermain sehingga si anak tumbuh dengan sempurna dan cerdas ulasnya.

Disebutkan Heryanto Rustam, Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang melakukan program bina keluarga balita (BKB). Program BKB ini diintegrasikan dengan poyandu dan paud. Melalui integrasi keriga program tentu dapat menuhi kebutuhan esensial anak secara utuh sesuai yang telah diamanahka dalam Undang-undang yaitu kesehatan, gizi, ransangaan pendidikan.

Selain itu," Pembinaan moral dan emosional serta pengasuh berperan penting bagi si anak sehingga anak tumbuh optimal sesuai umurnya.

Selanjutnya Kepala Bidang KB K3 DP3AP2KB Drs. Elfian Putra Ifadi, M.Si melaporkan kegitan sosialisasi kader kelompok BKB tingkat kota Padang. 
Telah di amanahkan dalam Udang-undang no.52 tahun 2019 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. 

Secara umum untuk meningkatkan pengetahuna dan keterampilan pengelola  kelompok BKB. Atas dasar itu perlu diadakan kegitan sosialisali BKB tingkat kota Padang yang diikuti oleh kader kelompok BKB dan koordinator PKB sekota Padang sebanyak 100 orang. Sebagai pemateri Hj. Harneli Bahar isteri Walikota Padang dengam judul pola asuh anak dalam keluarga," ujarnya. (ydt)