Kemenag Pessel Laksanakan Gerakan Thaharah Masjid

IMPIANNEWS.COM (Pesisir Selatan)

Gerakan Thaharah Masjid yang digelar secara serentak se Sumatera Barat, Sabtu (27/4) di kabupaten Pesisir Selatan meski sempat diguyur hujan kegiatan ini berjalan dengan tetap penuh semangat.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, H. Firdaus mengapresiasi ASN Kemenag dan guru serta siswa-siswi MTsN 1 dan MAN 2 Pesisir Selatan, dan juga pengurus masjid yang ikut sukseskan program kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H.

Kegiatan thaharah masjid ini disambut baik oleh pengurus masjid Al Hikmah Salido. "Kami pengurus masjid Al Hikmah Salido sangat berterima kasih sekali kepada seluruh ASN Kemenag serta jajaran MTsN 1 dan MAN 2 Pesisir Selatan yang telah membantu bersih-bersih di lingkungan masjid kita ini" ujar Darustam ketua masjid Al Hikmah.

Firdaus mengatakan, dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Thahara Masjid serentak di seluruh Sumatera Barat termasuk di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Thaharah merupakan miftah atau merupakan alat pembuka pintu untuk memasuki ibadah shalat. Tanpa thaharah pintu tersebut tidak akan terbuka. artinya tanpa thaharah, ibadah shalat, baik yang fardhu maupun yang sunnah, tidak sah,” terangnya.

"Karena fungsinya sebagai alat pembuka pintu shalat, maka setiap muslim yang akan melakukan shalat tidak saja harus mengerti thaharah melainkan juga harus mengetahui dan terampil melaksanakannya sehingga thaharahnya itu sendiri terhitung sah menurut ajaran ibadah syar’iah", tutupnya.(zn)