Jelang Ramadhan, Jajaran Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Bersihkan 69 Masjid

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Jajaran kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh melaksanakan Gerakan Thaharah Masjid, Sabtu (17/04/2019). Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak dan diikuti lebih dari dua ribu peserta yang terdiri dari Keluarga besar Kantor Kemenag Agama Kota Payakumbuh, KUA dan Madrasah yang tersebar di 69 titik Masjid di Kota Payakumbuh.

Kegiatan bersih-bersih jelang memasuki bulan suci Ramadhan ini adalah program yang dimotori oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, dan serentak dilaksanakan se Sumatera Barat pada hari ini.

Plt. Kepala Kantor Kemenaterian Agama Kota Payakumbuh, Mustafa, MA langsung memimpin kegiatan tersebut, dengan diawali kegiatan Thaharah di Masjid Mujahadah Tanjung Pauh, selanjutnya ia berkeliling untuk memberikan semangat dan  motivasi kepada tim thaharah Masjid di Kota Payakumbuh.

Dengan didampingi staf JFU/Bimas Aswir, Plt. Kepala Kemenag Kota Payakumbuh, Mustafa mengatakan bahwa gerakan thaharah Masjid ini adalah gerakan yang dimotori oleh Kanwil kemenag Provinsi Sumatera Barat, “Gerakan ini kita laksanakan serentak dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H”.

Dengan kegiatan sosial membersihkan masjid, hendaknya dapat mengikat silaturahim dengan unsur Masyarakat, sehingga akan meningkatkan sinergi Kementerian Agama di tengah-tengah Masyarakat, Ia juga menjelaskan bahwa ini kegiatan awal sebelum memasuki bulan Ramadhan, tentu pada saat bulan Ramadhan akan banyak lagi kegiatan keagamaan yang akan kita lakukan, mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dari tahun ketahun, harapnya.

Dari peserta yang mengikuti kegiatan ini mengaku sangat senang, selain sebagi amal sholeh, kegiatan ini juga untuk kegiatan sosial, jelas puji peserta dari MAN 2 Kota Payakumbuh.

Kegiatan Thaharah Masjid ini tidak hanya dikuti oleh Tim dari Kementerian Agama Kota Payakumbuh, namun juga pengurus dan Masyarakat. Saat diwawancari “Kami mengaku senang dengan kahadiran Tim Thaharah Masjid dari Kantor Kemenag Kota Payakumbuh di Masjid Kami, tentunya kami sangat tertolong dengan kehadiran Tim ini, terutama saat akan memasuki bulan suci Ramadhan”. Ujar Zul pengurus masjid Asadah Aur Kuning. (ul)