PPDB 2019 - 2020, PPM Al Kautsar Gelar Seleksi Tahap I


IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Seratusan calon santri Pondok Pesantren Modern (PPM) Al Kautsar Tanjung Pati Kec. Harau Kabupaten Limapuluh Kota pada Ahad (03/03/2019) pagi mengikuti seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020. Untuk itu, Pimpinan PPM Al Kautsar telah menyiapkan 10 ruang untuk seleksi Tahap I ini.

Saat dijumpai di salah satu ruang ujian, Pimpinan PPM Al Kautsar Dafri Harweli menerangkan bahwa untuk masuk menjadi santri di Al Kautsar ada 2 jenis seleksi, yaitu untuk calon santri dan walisantri atau orangtua.

"Hari ini dilangsungkan seleksi untuk santri melalui 3 tahapan. Pertama dengan ujian tulisan terkait penguasaan pengetahuan umum, jumlah soal 40 buah. Sedang kedua adalah seleksi membaca al quran. Dan ketiga melalui wawancara. Orangtua juga kita wawancarai. Terkait wawancara kita tekankan pertanyaan, apa alasan calon santri masul PPM Al Kautsar?," terang Dafri Harweli.

"Untuk PPDB tahun ajaran ini kita hanya buka kuota untuk 120 orang santri. Tahap I hari ini sedangkan Tahap II tanggal 28 april 2019, nanti," imbuhnya.

Ditambahkannya, bersamaan dengan kegiatan ini sedang dilangsungkan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) Hizbut Wathan untuk kenaikan tingkat. Persami dipusatkan di Torang Sari bulan Buluh Kasok - Harau dan diikuti 24 psantr putri dan 26 santri putra.

Adalah Rinto Helmi dari Padang menyebutkan bahwa untuk diterima sebagai calon santri di PPM Al Kautsar memang sangat ketat seleksinya.

"Seleksinya sangatlah ketat. Kita berharap anak kita lebih serius nantinya. Kalau ingin menjadi generasi yang beriman dan berilmu. Terkait kenapa pilih Al Kautsar, ini sudah pilihan si anak dan didukung keluarga dan alhamdulillah anak kami lulus. (ul)