Dihadapan Ribuan Massa, AHY Kenalkan 14 Prioritas Demokrat Untuk Rakyat

IMPIANNEWS.COM (Lima Puluh Kota).

Untuk yang kedua kalinya, putra dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginjakkan kakinya di Luak Limopuluah. Setelah 2017 silam saat safari politik Partai Demokrat,  AHY sempat mendatangi kediaman rumah dinas Bupati Irfendi Arbi serta rumah dinas Walikota payakumbuh Riza Falepi.

Tak hanya itu saja, mantan perwira menengah TNI tersebut, sempat mendatangi jalan layang Kelok Sambilan sekaligus karya pembangunan dipemerintahan orang tuanya, Susilo Bambang Yudhoyono. Pada Rabu (20/3) sekitar pukul 16.40 Wib, AHY tiba di Kabupaten Limapuluh Kota. Yaitu di Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak

Baru turun dari mobil Toyota Alpard warna hitam, Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kosatgas ) Partai Demokrat  itu, langsung disambut Deputi Operasi Kosatgas  Rezka Oktaberia yang sudah menunggu kedatangan putra SBY tersebut.  Tarian pasambahan khas Minangkabau dari pemuda “mudiak”, juga ditampilkan sebagai penghormatan atas kedatangan politis Partai Demokrat itu.

Turut hadir dalam rombongan AHY itu, Ketua Pemenangan Partai Demokrat Wilayah Barat Mayjen (Purn) Nahrowi Ramli, Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Eka Putra, Ketua DPC Partai Demokrat Limapuluh Kota Darman Sahladi serta  sejumlah anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota. 

“Selamat  datang di Kabupaten Limapuluh Kota,”ucap Darman Sahladi kepada AHY dihadapan ribuan kader dan simpatisan Partai Demokrat. Ketua DPC Partai Demokrat itu, turut memperkenalkan kondisi daerah ke putra SBY tersebut. Diarah timur Kabupaten Limapuluh Kota, berdiri infrastuktur yang monumental, kita mengenalnya dengan Kelok Sambilan. Sudah menjadi wisata nasional, siapapun tahu dengan Kelok Sambilan. Ini salah satu dari sekian banyak yang sudah ditorehkan pak SBY untuk Kabupaten Limapuluh Kota,”terang Darman Sahladi.

Sementara, Deputi Operasi Kosatgas Partai Demokrat,   Rezka Oktaberia sekaligus tokoh perempuan dari Kabupaten Limapuluh Kota mengatakan, kehadiran AHY di Kabupaten Limapuluh Kota adalah obat rindu bagi masyarakat terhadap SBY. “Kehadiran AHY di Limapuluh Kota adalah obat rindu masyarakat terhadap  SBY,”ucap Rezka.

Kepada AHY,caleg DPR RI menyampaikan,  pertemuan yang dihadiri ribuan masyarakat tersebut tidak hanya dari Kabupaten Limapuluh Kota saja. Ada yang datang dari berbagai kota dan kabupaten bahkan luar dari Sumbar.
Sedangkan, AHY dalam orasi politiknya mengenalkan 14 prioritas demokrat untuk rakyat Indonesia.

 “Partai Demokrat hadir untuk membantu kesulitan rakyat. Kami menegaskan komitmen untuk terus memperjuangkan harapan dan aspirasi masyarakat. Dalam dua tahun terakhir, kami melakukan perjalanan ke ratusan kota kabupaten di Indonesia dalam menyerap aspirasi mayarakat dan mengetahui langsung permasalahan apa yang dihadapi masyarakat,”terang AHY mengawali pidato politiknya.

Setelah AHY melakukan perjalanan yang cukup panjang itu, keseluruh permasalah, persoalan yang  dihadapi masyarakat langsung dirumuskannya menjadi 14 prioritas sebagai solusi untuk kemajuan masyarakat.
“Saya berkeliling ke berbagai daerah, banyak anak-anak muda yang tidak mendapatkan pekerjaan. Anak-anak sudah sekolah, sudah melakukan pendidikan tetapi tidak mendapatkan pekerjaan. Ini prioritas pertama partai demokrat, ciptakan lebih banyak lapangan kerja, khusus generasi muda dan perempuan,”ucapnya.

Prioritas kedua, katanya, kelola keuangan dan meningkatkan BPJS kesehatan terutama bagi masyarakat kurang mampu. “Apakah di daerah ini sulit mendapatkan pelayanan BPJS,”tanya AHY ke ribuan massa yang hadir. Massa yang datang dari Payakumbuh, Limapuluh Kota, Bukittinggi dan dari Riau serentak menjabab ia. Apa yang dirasakan masyarakat Limapuluh Kota,  kata AHY lagi, sama dengan apa yang dirasakan masyarakat diberbagai penjuru tanah air. “Sudah ratusan kota dan kabupaten yang saya kunjungi, mereka rasakan sama yang dirasakan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. Ini yang perlu diperbaiki kedepan. Demokrat siap untuk ini”terang AHY.

Ketiga, memberikan subsidi listrik untuk golongan kurang mampu dan meningkatkan kesedian BBM premium. Saat ini, BBM premium sulit untuk didapatkan bahkan rakyat harus membeli BBM jenis lain dengan harga yang mahal. “Sekarang, BBM premium sulit didapat, antrian panjang. Kondisi ini terjadi hampir diseluruh Indonesia. Yang kita inginkan pemerintah mampu menyediakan BBM premium ini secara cukup untuk masyarakat,”katanya lagi.

Belum lagi harga tarif listrik saat ini,ujar AHY,  melonjak tinggi sampai 143 persen selama 5 bulan.  Sehingga memberatkan masyarakat, terutama bagi mereka yang berkehidupan menengah kebawah. “Kedepan, Partai Demokrat memperjuangkan agar tarif listrik itu bisa dikendalikan dengan baik sehingga masyarakat tidak keberatan atas tarif dasar listrik ini,”terangnya. 

Prioritas Demokrat Untuk Rakyat keempat, katanya, mempertahankan subsidi pupuk untuk petani. Kelima, menghentikan impor pangan ketika musim panen.Prioritas keenam, tingkatkan gaji pegawai termasuk guru, TNI, Polri dan Pensiunan. Ketujuah, pelonggaran pajak bagi dunia usaha agar bisa tumbuh dan meningkatkan upah buruh.  Prioritas kedelapan, membantu dan melindungi UMKM, termasuk pedagang kecil dan angkutan kota.Kesembilan, angkat secara bertahap guru,  pegawai honorer dan tingkatkan kesejahteraan perangkat desa atau nagari. 

Kesepuluh, memprioritaskan untuk mengontrol dan membatasi utang pemerintah dan BUMN agar tak menjadi beban. Kesebelas, kelanjutan pembangunan infrastruktur sesuai keuangan negara. Kedua belas berikan perlindungan hukum kepada rakyat secara adil dan menjaminkebebasan berbicara termasuk Kemerdekaan Pers. 

Prioritas ketigabelas, jaga kebhinekaan dan kerukunan antar identitas dan cegah perpecahan bangsa. Dan terakhir, lanjutkan dan tingkatkan program pro rakyat. Seperti BOS, Bidik Misi, BPJS, Bantuan Lansia, Disabilitas & Bencana, PKH, Raskin, BLT/BLSM, KUR, PNPM & lain-lain untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. “Ini yang akan diperjuangkan bersama Partai Demokrat untuk rakyat,”terang AHY lagi. (ul)