HDI : Butuh Keseriusan Pemkab Kembangkan Kawasan IKK

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Hampir sepuluh tahun,  Sarilamak ditempati sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota sekaligus lokasi Ibukota Kabupaten (IKK) daerah setempat. Tetapi selama itu juga kawasan tersebut belum berkembang secara maksimal. Hal itu dirasakan anggota DPD RI asal Sumbar, Herman Darnel Ibrahim.

Saat melakukan reses ke Limapuluh Kota pada Rabu (21/2), pria yang akrab disapa HDI tersebut, sempat membahas pengembangan IKK Limapuluh Kota bersama Wakil Bupati Ferizal Ridwan dan Walinagari Sarilamak serta sejumlah tokoh lainnya.

“Perlu keseriusan Pemkab dalam pengembangan IKK ini. Sehingga, kedepannya ada kota kecil didalam lingkup kabupaten sebagai pusat seluruh kegiatan,”terang HDI.

Menurut HDI, peran serta masyarakat , juga penting untuk mendorong dalam mewujudkan Sarilamak benar-benar sebagai Ibukota Kabupaten Limapuluh Kota. “Berawal dari masterplan, rencana tata ruang wilayah sehingga IKK bisa dibentuk sesuai peruntukan,”ucap Herman Darnel Ibrahim.

Anggota DPD RI yang dilantik pada Januari lalu itu  mendukung penuh terwujudnya Sarilamak sebagai kota kecil sekaligus pusat segala pusat Kabupaten Limapuluh Kota. “Berkaca pada kabupaten lain, ada kota kecil sekaligus pusat kegiatan disana. Dari pusat pemerintahan, pusat ekonomi, pusat pendidikan, pusat perdagangan dan lain sebagainya. Ini yang kita harapkan,”terangnya lagi.

Salah satu contoh langkah awal, terangnya, setidaknya ada simbol yang menandakan Sarilamak sebagai Ibukota Kabupaten Limapuluh Kota yang bisa diketahui masyarakat luas. Tak hanya bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota saja melainkan bagi masyarakat lain yang berkunjung ke daerah yang terkenal dengan wisata Lembah Harau nya itu.

“Kalau bisa, ada berupa gerbang ataupun gapura sebagai simbol  dan tanda ibukota kabupaten,”terangnya lagi. 

Selain itu, kata HDI,  dalam mewujudkan sepenuhnya Sarilamak sebagai Ibukota Kabupaten Limapuluh Kota  , perlu adanya  tim khusus yang bersifat adhoc.
“Ini juga penting, tim ad hoc percepatan pengembangan IKK Kabupaten Limapuluh Kota. Tim dibentuk khusus untuk pengembangan IKK. Sehingga, pengembangan IKK bisa cepat tercapai. Ini juga untuk kemajuan Kabupaten Limapuluh Kota kedepannya,”saran HDI. 

Sementara Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan  yang turut hadir bersama HDI mengatakan pengembangan IKK tersebut merupakan salah satu visi misi Pemerintahan nya bersama Bupati Irfendi Arbi.

Tetapi, katanya belum terealisaisnya pengembangan IKK di Sarilamak tersebut buntut dari tidak satu pandangan antara eksekutif dengan legislatif. "Pengembangan IKK itu adalah visi-misi kita dan sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah. Tetapi selama ini terkendala tidak satu pandangan antara eksekutif dengan legislatif. Sehingga pengembangan IKK sedikit sulit terwujud," terang Ferizal Ridwan.

Diakuai Wakil Bupati Limapuluh Kota itu, memang sudah seharusnya IKK di Sarilamak bisa berkembang menjadi pusat seluruh kegiatan. Pusat ekonomi, pemerintahan, pendidikan, sosial, budaya, wisata sesuai dengan pembagian tata ruang.(ul)