GMBK MAN 2 Kota Payakumbuh Ditabuh.

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

OSIM MAN 2 Payakumbuh mengangkatkan acara GMBK (Gema Minat Bakat dan Kreasi) pada hari Sabtu, 02 Februari 2019. Kegiatan lomba ini bertujuan untuk saling mengukur kemampuan siswa siswi antar SMP/MTs se-Sumatera Barat di berbagai bidang lomba. Baik lomba bidang akademik maupun non akademik dengan total 14 cabang. Di bidang akademik adalah lomba bidang studi PAI SMP dan PAI MTs, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, IPS Terpadu, Matematika, Fisika dan Biologi. Sedangkan di bidang Non Akademik adalah lomba MSQ, Kaligrafi, Tahfizh, Solo Song, Tenis Meja dan Guessing word. 

Yang sangat menarik pada GMBK tahun 2019 ini adalah Olympiade Berbasis Komputer (OBK). Berdasarkan analisa dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, Mustafa, MA mengatakan bahwa ini adalah perdana untuk Sumatera Barat dan mungkin di Indonesia untuk tingkat SMP dan MTs. Beliau menambahkan dengan memberi apresiasi terhadap pengurus OSIM/OSIS yang berjibaku untuk mengangkat lomba secara berkelanjutan sejak tahun 2005 yang lalu. Siswa SMP dan MTs bisa unjuk telenta masing-masing dengan berkompetisi secara jujur dan tentunya bersahabat. Di akhir sambutan beliau menyampaikan selamat datang bertandang ke MAN 2 Payakumbuh dan selamat bertanding. Semoga dapat yang terbaik dan memuaskan.

Alex Sandra mengatakan bahwa cikal bakal dari GMBK ini adalah Gema Muharram. Tapi seiring dengan perjalanan waktu antara hitungan kalendar masehi dengan muharram yang tidak memungkinkan lagi sejalan, maka dirubahlah namanya dengan GMBK dengan esensi yang sama. Ini dibuktikan dengan tetap tingginya dukungan dari berbagai elemen. Baik dari komite dengan orang tua maupun berbagai instansi negeri dan swasta. Kemudian ditambah lagi dari beberapa sponsor yang siap menyukseskan GMBK 2019 ini.

Sementara itu, panitia dari siswa, Ansar Maulana melaporkan bahwa acara lomba ini diikuti oleh 28 SMP dan MTs dari Sumatera Barat, dengan total peserta 700 siswa lebih. Kegiatan ini juga diramaikan oleh stand-stand pameran dari berbagai lokal, unit kegiatan siswa, telkomsel, Rumah Sakit Ibnu Sina, dan lain-lain. (ul)